Monday, 19 June 2017

UANG DAN LEGITIMASI NEGARA COPAS dari DDB (Diskusi Dengan Babo)



Tanggapan atas pertanyaan dari Carlo Rousseau

Ada pertanyaan seputar Bitcoin. Saya tidak akan membahas dari sisi tekhnologi karena semakin ruwet dipahami. Namun saya akan jelaskan uang sebagai alat tukar dan instrument transaksi dan channeling perpindahan uang dari satu ketempat lain. Dari penjelasan ini maka kita akan sampai pada kesimpulan sendiri.

Uang.

Uang sekarang yang ada pada anda tidak dijamin oleh emas atau komoditas. Tapi dijamin oleh neraca Negara. Didalam neraca itu ada aktiva dan juga ada pasiva. Bisa surplus bisa juga defisit. Nah dalam neraca negara ini tercemin berbagai rasio keuangan negara untuk mengukur fundamental ekonomi negara.

Dari indikasi inilah maka dapat ditentukan internal currency exchange rate.

Apakah semua orang bisa menghitungnya ? Bisa.

Data laporan keuangan di release secara berkala oleh BI dan hampir semua provider content Financial berkelas dunia melaporkannya. jadi sifatnya trasfarance.

Uang lahir dari regulasi negara atas nama pemerintah yang berkuasa. Ini tidak bisa digantikan dengan apapun. Tidak ada kekuatan informal di luar pemerintah yang bisa menciptakan uang.

Mengapa ? Karena uang bukan hanya alat tukar internal tapi juga eksternal dan itu perlu legitimasi negara.

BITCOIN

Akibat krisis financial 9 tahun lalu, reputasi pemerintah semakin jatuh dalam mengatur transaksi uang. Publik tidak mau jadi korban akibat salah urus management pasar uang. Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Ini uang kami dan biarkan kami yang urus.

Mengapa ?

Dengan dukungan sistem IT, maka memungkinkan transfer dapat dilakukan instant melalui peer to peer dan kemana saja. Artinya anda terhubung kedalam jaringan tanpa satupun orang tahu siapa anda dan tidak ada lembaga pemerintah bisa mengontrol transaksi anda.

Data financial hanya anda yang tahu. Jadi semacam dompet digital. Biaya transfer juga relatif lebih murah. Sehingga wajar saja kalau semakin banyak orang ikut terlibat dalam bitcoin ini.

Hambatan

Apakah itu aman, ya tentu aman. Namun apakah itu convenient untuk melakukan beragam transaksi real ? Untuk ukuran kecil dibawah USD 5000 mungkin tidak ada masalah karena termasuk bebas pajak. Tapi lebih dari itu, akan sangat sulit sekali.

Karena mengharuskan anda membuka diri siapa anda untuk ketentuan bayar pajak. Juga untuk mendapatkan bitcoin tetap anda harus membelinya dari provider dengan menggunakan uang benaran.

Terdapat beberapa metode pembayaran yang Anda pilih tergantung apakah Anda ingin melakukan deposit via tunai, voucher, transfer bank, atau e-wallet.

Tapi mengapa begitu banyak orang terlibat? 

Kalau saya lihat itu sebabkan karena kehebatan orang yang menciptakan skema bitcoin ini. Dia menciptakan satu platform dengan limited komunitas. Katakanlah untuk bitcoin sekarang ditentukan sebanyak 21 juta Bitcoin di seluruh dunia.

Semakin bertambah komunitas semakin berkurang supply bitcoin dan tentu berlaku hukum permintaan dan penawaran. Yaitu semakin berkurang supply, semakin besar demand maka harga akan naik. Di sinilah permainan itu terjadi.

Beragam skema investasi diceplungkan orang dalam bitcoin ini dan ditawarkan kepada anggota komunitas. Data chart beragam transaksi semakin mendorong keperayaan anggota untuk masuk semakin dalam.

Jadi bitcoin itu hanyalah alat pembayaran untuk komunitas terbatas dan diantara komunitas itu dapat saling bertukar baik untuk tujuan investasi atau perdagangan dan dilakukan dengan kerahasiaan dari akses pemerintah. Namun tidak merubah uang sebagai alat pembayaran.

Pasar 144 A SEC Act.

Sebetulnya didalam pasar uang jauh sebelumnya sudah ada jenis transaksi yang hampir sama yaitu pasar uang unregulated dan undisclosed. Yaitu pasar yang diatur dalam SEC Act AS , pasal 144 A. Dimana pemerintah tidak ikut campur atas trasaksi dalam pasar ini. Batasan anggota juga dibuat dan minimum transaksi juga ditentukan.

Untuk 144A SEC Act ditetapkan USD 100 juta minimum. Sistem transaksi ini menggunakan IT system. Portal nya adalah Euroclear di London dan Clearstream di German.

Dan hebatnya sistem ini part of the Fed system, dengan tujuan AS mencetak uang dari langit melalui dunia maya. Ketika terjadi krisis, hampir semua investor atau player yang terlibat aman. Bahkan Lehman Brother yang dinyatakan pailit di pasar terbuka, di pasar tertutup 144 A SEC Act tetap berkibar benderanya.

Dan beragama global bond dari yang real sampai yang sintetik di perdagangkan. Tangan pemerintah tidak sampai menjangkau setiap transaksi. Karena setiap members dapat menghapus jejak transaksi itu setelah selesai melakukan transaksi dan selanjutnya data tersimpan di server dari anggota yang setiap orang tidak bisa membukanya kecuali members itu sendiri.

Namun dengan adanya Convention on Mutual Administrative Assistance in Tax Matters/MAC yang ditandatangani oleh 69 negara di dunia dan dan 15 yuridiksi dari seluruh dunia, juga kesepakatan negara bebas pajak untuk patuh terhadap transfaransi sesuai dengan Global Forum on Transparency and Exchange of Information for Tax Purposes in the area of the automatic exchange of information.Maka tidak ada lagi yang bisa dirahasiakan.

Baik 144 A SEC Act dan Bitcoin pada intinya hanya created opportunity dalam komunitas terbatas agar beragam skema money game dapat terlaksana. Walau tentu tidak semua dengan tujuan seperti itu , ada juga untuk tujuan memang memudahkan transaksi.

Dan uang di era digitar sekarang ini tidak melulu didalam dompet keras di saku anda tapi bisa juga dalam bentuk digital di gadget anda. Namun uang tetaplah uang dan negara yang mengaturnya disaat anda keluar dari border untuk masuk kedunia nyata.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)