Facebook

Thursday, 15 June 2017

Cerdas Berinvestasi COPAS dari DDB (Diskusi Dengan Babo)



Saya tergelitik membaca kasus tentang ust Yusuf Mansur.

Tapi saya tidak akan menanggapi soal sejauh mana kasus ini. Karena sudah masuk ranah hukum.

Saya hanya ingin mengingatkan kepada Members DDB agar berhati hati terhadap program investasi yang ditawarkan melalui internet ( crowdfunding atau crowdsourcing ). Hal yang patut di kritisi adalah sebagai berikut :

1. Pastikan program tersebut mendapat izin dari OJK. Ingat bisnis yang tanpa izin itu sama saja tidak halal. Karena UU dan aturan adalah sebuah konsesus yang agama manapun harus patuh. Bisnis yang punya standard etik dan norma adalah patuh terhadap hukum.

2.Perhatikan Prospektus-nya yang berkaitan siapa manager investasi-nya? apa track record-nya. Jangan terpengaruh dengan nama besar dari sponsor tapi minta fakta dalam bentuk chat kesuksesannya.

Pada bisnis apa investasi itu akan di lakukan. Bagaimana resiko nya. Ingat tidak ada bisnis tanpa resiko.

Jadi kalau ada orang bilang tak ada resiko pasti itu bohong.

Makanya anda harus lihat, apa exit strategy yang ada pada program itu andaikan gagal dalam investasi? .

Apa jaminannya?

3. Pastikan ada mekanisme dari program investasi tersebut untuk memastikan semua kebijakan dan pengeluaran uang dapat di kontrol secara terbuka. Jadi jangan hanya terpancing , setor uang, duduk diam , laba dapat. Itu cara berpikir dan bersikap orang bego.

3. Jangan mudah percaya kalau ada yang menawarkan untung cepat berlipat. Itu artinya dia sedang mempengaruhi emosi anda agar bertindak tanpa berpikir. Karena kalau anda mikir sedikit maka ketahuan dia bohong.

Salam cerdas berinvestasi.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)