Monday, 22 May 2017

Saudi Arabia Oleh Ibrahim Kholilul Rohman


SAUDI ARABIA

Creative common image by IKR

Sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya, saya termasuk orang yang puzzling dengan politik negara ini. Menurut saya banyak hal yang berada dalam black box yang kita tidak tahu. Bagaimana, misalnya posisi mereka dalam konflik Timur Tengah, pandangannya tentang terrorisme dan sebagainya.

Namun demikian, minimal ada DUA hal yang menurut saya sangat membanggakan dari Saudi Arabia saat ini:

PERTAMA: mereka punya Menteri Luar negeri Adel Al Jubeir yang menurut saya luar biasa!

Bukan hanya karena bahasa Inggrisnya  Tapi bagaimana most of the time dia mematahkan dengan mudah pandangan negatif orang tentang saudi dalam forum-forum internasional.

Lihat bagaimana reaksinya mendapatkan pertanyaan "peran Saudi dalam memitigasi imigran Syiria?"
Jawabnya : "Imigran? Kami tidak pernah menerima imigran Syiria, karena kami memandangnya seperti bangsa sendiri. 2.3 juta telah kami terima!"




KEDUA. Diam-diam Saudi punya Princess Naurah University



Kampus relatif baru dengan jumlah mahasiswa sekitar 60.000 dengan luas sekitar 800 hektar (atau dua kali lipat lebih sedikit dari luas Universitas Indonesia, Depok, yang menurut saya sudah sangat besar itu).

Satu dari sedikit universitas dengan driver-less transportation --seperti metro-- dalam kampus. Rumah sakit dalam kampus nya canggih.

Dan SEMUA mahasiswanya perempuan!!

Tanpa promosi tanpa cerita-cerita. Jadi sampai detik ini yang kita tahu adalah wanita Saudi nggak boleh nyetir, mereka ternyata punya universitas yang sebegitu bagusnya khusus untuk perempuan. Terbesar di dunia

Kalau menurut hemat saya, sama seperti hubungan antar manusia, tidak ada negara yang sempurna.

Tugas kita untuk belajar dan mengambil hal-hal positif dari negara lain untuk diadaptasi-jika memungkinkan. Kunjungan Raja Salman? As simple as: sama seperti kunjungan negara-negara lain yang tarafnya di atas kita yang dari mereka kita bisa belajar.

Klik Gambar utk memperbesar

Misalnya: Quite surprisingly mereka punya performance public administration yang cukup baik..
(semua data average 2003-2013)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)