Facebook

Thursday, 4 May 2017

Pesawat Pribadi Orang Kaya Indonesia Oleh Erizeli Jely Bandaro


Creative common image by EJB
Orang kaya Indonesia...

Saya pernah diajak teman naik jet pribadi milik salah satu perusahaan besar di Indonesia. Kami terbang ke Singapore week end. Ketika landing, saya terkejut karena bukan hanya satu pesawat jet pribadi punya orang Indonesia.

Menurut petugas parkir bandara , setiap week end sedikitnya 10 jet pribadi orang kaya Indonesia landing di Singapore. Tujuan mereka adalah sentosa resort untuk judi. Tercatat sekarang jumlah jet pribadi ada sebanyak 54.

Sebagian milik pribadi, Group perusahaan ada juga yang di sewakan oleh perusahaan penerbangan.

Saat sekarang jet pribadi dari kalangan celebritis politik dan pengusaha adalah

1. Jusuf Kalla

JK memiliki pesawat pribadi jenis jet BAe 146 - 200, tahun 2009, pesawat ini seharga USD 11 juta atau Rp. 150 miliar. Pesawat ini telah dimodifikasi dengan kapasitas 64 orang. Dalam bagian pesawat terdapat dapur, toilet, pintu masuk kokpit, dan dua kursi lipat untuk pramugari dengan standard VVIP.

2. Surya Paloh

Surya Paloh memiliki 2 buah pesawat Pribadi. Pesawat pertama yang dia memiliki berjenis British Aerospace BAe 146 buatan Inggris yang mempunyai kapasitas 120 orang. Namun, sudah dimodifikasi menjadi beberapa ruang seperti ruang tidur, ruang makan, dan ruang santai. Sehingga, pesawat hanya muat untuk 18 orang. Pesawat tersebut dibeli Surya Paloh pada tahun 2003 lalu. pesawat lain yang dimilikinya adalah berjenis Jet embraer 190 yang berkapasitas 16 orang. Keduanya di perkirakan harga mencapai setengah triliun.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung dikabarkan memiliki dua pesawat jet. Salah satunya Gulfstream G550 buatan General Dynamics seharga US$ 36 juta atau sekitar Rp414 miliar. Pesawat tersebut berkapasitas hingga 19 penumpang dan memiliki mesin ganda dari pabrikan Rolls-Royce asal Inggris..

4. Prabowo 

memiliki satu pesawat dan satu helikopter. Pesawat yang dimiliki Prabowo berjenis Embraer Legacy 600. Pesawat jet mungil ini sengaja didesain untuk pebisnis. Panjang pesawat ini cuma 26,33 meter dan lebar sayap 21,17 meter, serta tinggi 6,76 meter.

5. Abu Rizal Bakrie

Aburizal Bakrie memiliki 3 atau 4 jenis pesawat jet pribadi untuk menunjang mobilitasnya yang tinggi. Dua di antaranya adalah Embraer Legacy 600 (kapasitas 13 orang). Pesawat buatan Brasil itu dibanderol sekitar US$ 27,5 juta atau Rp 275 miliar, pesawat lainnya yang dimiliki Ical adalah Boeing Business Jet 737-700 (kapasitas 25-50 orang), kedua pesawat ini juga sering disewakan ke pihak lain.

Masin banyak lagi daftar orang kaya yang punya jet pribadi. Hanya tidak etis di publikasikan...Indonesia memang sorga bagi orang kaya karena rezim sebelumnya memang memberikan kesempatan luas menghasilkan uang lewat rente bisnis. 

Makanya kekayaan mereka luar biasa dan tidak takut konsumsi yang menelan ongkos perawatan yang mahal. Dan kini kita di takdirkan punya Presiden tukang kayu , pedagang furniture dan putranya dagang martabak...dan sebagian kita masih membenci dia.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)