Saturday, 25 March 2017

Bisnis Luhut Binsar Panjaitan oleh Erizeli Jely Bandaro


Creative common image by Erizeli JB
Louise William

Pak LBP tahun 2001 masih jadi dosen pengajar di Lemhanas selepas jadi menteri era Presiden Gus Dur,tapi hanya dalam waktu kurang dari 10 tahun beliau bisa membangun imperium bisnis Toba Group dengan value 2,3 milyar dolar (30 triliiun),memiliki banyak konsesi tambang dan perkebunan,puluhan anak perusahaan dan bahkan sebelum pilpres 2104 kemarin sudah memiliki gedung sendiri di Mega Kuningan senilai ratusan juta dollar.

Padahl kita tahu beliau seumur hidupnya berkarier sebagai tentara dan birokrat serta bukan juga berasal dari keluarga orang kaya dengan warisan bejibun.

Pak LBP ini salah satu contoh saja,ada banyak contoh rising star seperti ini yang kemunculannya super cepat sedangkan konglomerasi lama memerlukan waktu sampai puluhan tahun membangun imperium bisnisnya walaupun dengan koneksi kuat ke penguasa.

Bisa di jelaskan pak eri??

Erizeli Jely Bandaro 

LBP itu awalnya dia ikut Hashim dalam program pengambil alihan asset BPPN, yang salah satunya PT. Kiani. Nilai Kiani waktu di ambil alih sebesar USD 400 juta. Padahal nilai hutangnya USD 1,2 B. Skema pengambil alihan dari BPPN melalui skema membeli hutang.

Peran Taufik Kiemas sangat besar membantu Prabowo Subianto dan Hashim. Dan LBP sebagai dirut perusahaan. Setelah pengambil alihan itu LBP mundur dari KIANI dan dapat modal untuk memulai usahanya. Hoki masih berpihak ke dia karena ketika itu banyak perusahaan tambang batu bara yang bangkrut..dia ambil alih. Hanya dua tahun setelah itu harga batubara melambung tinggi.

Dan hoki lagi ..dari keuntungan itu dia beli banyak konsesi pembangkit listrik yang tak jalan, dan mendapat angin segar ketika Dahlan Iskan jadi dirut PLN yang mencanangkan kapasitas 35,000 MW. Jadi kalau saya boleh simpulkan ..dia memang jenius dan piawai memilih staf yang hebat...umumnya alumni Harvard dan dia mau bayar mahal..Wawasannya luas sekali, Saya engga tahu berapa banyak buku dia baca. Fasih bahasa inggeris, china, Jerman. .

Namun tahun 2014 dia sudah praktis mundur dari semua kegiatan bisnis dan diserahkan dengan professional. Baru tahu alasannya ketika dia jadi team sukses Jokowi yang di dukung PDIP.




Banyak pengusaha muda yang berhasil diorbitkan LBP ketika dia sukses sebagai pengusaha. Seperti Thomas, dan termasuk HT, Sandi, Jokowi, dan lain lain..Dia tahu betul kalau ada orang berbakat maka dia akan bantu begitu saja...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)