Facebook

Monday, 15 August 2016

Kekayaan kita ada di laut Oleh Erizeli Jely Bandaro


Kekayaan kita ada di laut Oleh Erizeli Jely Bandaro
creative common image by erizeli

Kekayaan kita ada di laut

Tahukah anda sekilo karegenan powder harganya USD 14 atau sekitar Rp. 180.000 atau satu ton harganya Rp. 180 juta atau sekitar USD 14.000.

Setiap tahun harganya terus naik. Apa karegenan itu ? karegenan adalah turunan dari alga yang dihasilkan dari rumput laut jenis Eucheuma cottonii. Sekilo karegenan di perlukan sekitar 4 s/d 6 kilo rumput laut kering yang harganya Rp 10.000 /kg di tingkat petani.

Saat sekarang pabrik karegenan hanya ada tiga di Indonesia. 

Dua status PMA dan satu pemilik Lokal. Bandingkan china yang punya 600 pabrik karegenan, dan tidak termasuk ratusan industri turunannya. Tapi tahukah anda bahwa untuk karegenan kita masih impor sekitar 1200 ton setahun. Padahal rumput laut banyak sekali di Indonesia. Hampir semua wilayah pesisir pantai menghasilkan rumput laut, terutama sulawesi dan NTB.

Bagaimana pasar karegenan ? 

pasar ekspor sangat besar karena karegenan di perlukan sebagai bahan pembentuk gel, pengemulsi, bahan pengental, penstabil, dan bahan pengikat.

Karenanya Karegenan di gunakan sebagai bahan baku dan bahan penolong untuk industri makanan, dmanufaktur keramik, farmasi ( kapsul ), dan pupuk.

Pangsa pasar carragenan mencapai 15.000 - 20 000 ton per tahun. Pasar terbesar di Eropa (35 %), Asia Pasiflk (25 %), Amerika Utara (25%), dan Amerika Selatan (15 %).

Jadi kalau pabrik mini karegenan dengan kepasitas 1000 ton/tahun atau 6000 ton rumput laut maka penjualan mencapai USD 140 juta atau Rp. 1,8 triliun.

Untuk bahan baku sebanyak itu tidak ada artinya di bandingkan dengan kepasitas produksi rumput laut indonesia..apalagi kalau karegenan itu di buat turunan lagi menjadi kapsule maka harganya bisa berlipat.

jenis mesin untuk semi otomatis karegenan..( sebagian besar sudah bisa di buat di Indonesia )

1. Tank of cleaning, alkali soaking and carrageenan storage
2. Coarse filter
3. Carrageenan matching tank
4. Pressure filler
5. Pre-coated tank
6. Soluble salt tank
7. Precipitation tank
8. Disinfection tank
9. Pressure filler
10. Granulating machine and bagging machine
11. Presser
12. Slicer
13. DG belt dryer
14. Power grinding machine
15. Multi-functional grinding machine
16. Vibrating powder sieving machine
17. Double ribbon mixer
18. Lab testing device
19. Operating platform, valves, pipes, electric equipment, crane, trolley, electric box

Indonesia kaya dan engga usah terlalu berharap dengan tambang dan migas yang sulit di jangkau oleh kebanyakan kita dan harganya terus turun, tapi cukup manafaatkan sumber daya laut , kita sudah bisa menjadi negara makmur.

Kita terlalu lama memunggungi laut dan terlalu lama terlena dengan lagu Indonesia kaya tapi lupa bahwa semua harus di olah dengan kerja keras dan semangat kewirausahaan yang tangguh. Mari berubah..




klik utk memperbesar

klik utk memperbesar

klik utk memperbesar

klik utk memperbesar

klik utk memperbesar

klik utk memperbesar

klik utk memperbesar






No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)