Saturday, 26 March 2016

Tata Kota dan Infrastruktur Pulau Penang


Tata Kota dan Infrastruktur Pulau Penang
Alur jalan air disamping badan jalan

Saya suka mengamati bagaimana kualitas dan rapinya suatu jalan aspal di Negara orang lain, yang menarik adalah selama mengendarai sepeda motor keliling pulau penang, aspal jalan tebal dan disampingnya sengaja diaspal tipis, untuk memberikan akses aliran air hujan sehingga aspal jalan tidak rusak akibat terkikis air sewaktu musim hujan, bagus sekali konsepnya seperti ini, sudah disiapkan jalan air disamping badan jalan.

Juga diperumahan, sudah dibuatkan parit yang besar yang disampingnya juga diberikan akses 2 meter sebelum jalan untuk Pohon agar rindang dan dibuatkan alur aliran air yang dipotong-potong per  5 meter seperti kotak-kotak khusus untuk aliran air di musim penghujan yang muaranya pada parit besar disamping kiri kanan jalan.



Halte Bus juga sudah sangat memadai hingga ke pelosok pulau Penang, meskipun sepi pengunjung tapi rakyat tetap dapat akses transportasi murah semisal RAPID Penang yang juga mempunyai jalur dikawasan jalan besar (utama).

Waduk untuk air tawar bagi penduduk di pulau penang juga sangat besar dan patut dicontoh bagi kawasan pulau-pulau terpencil di Indonesia, bagaimana mengelola air tawar untuk kebutuhan masyarakat satu pulau, Sebaiknya dibuat kunjungan kerja seperti ini kepada anggota DPR/D di Indonesia, agar konsep infrastruktur air bersih untuk satu pulau bisa dijadikan sebagai program pembangunan infrastruktur penting dalam anggaran belanja daerah.

Apartment dan Flat bagi warga, ini juga menarik bagaimana bisa memberikan hunian bagi semua warga agar tidak tinggal ditempat yang kumuh, punya fasilitas yang memadai adil merata bagi semua warga kelas bawah dan menengah. Ini juga menjadi PR bagi pemerintah daerah bagaimana membangun rumah bertingkat untuk masyarakat ekonomi ke bawah. Didekat kawasan padat penduduk  juga ada fasilitas Gedung Pemadam Kebakaran yang siap siaga melindungi warga dari kemalangan yang bisa terjadi setiap saat.



Harga murah untuk fasilitas publik, ini yang menjadi oleh-oleh pikiran saya, bagaimana Penang bisa mendapatkan fasilitas publik yang bagus dengan harga yang terjangkau dan untuk ukuran uang di Indonesia termasuk murah, akses terhadap fasilitas public kenapa bisa murah dan modern, lalu kenapa di Indonesia tidak bisa sama harganya atau modern seperti di Penang?


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)