Sunday, 27 March 2016

Review Transportasi Bus di Pulau Penang


Semua Bus Rapid Penang standar Eropa, Bus Scania yang harga per unit diatas 1,2 Miliar. Bagaimana pemerintah disana mampu mengelola puluhan Bus Scania darimana uangnya dan bagaimana bisa untung kalau harga karcisnya sangat murah jika dibandingkan dengan jarak dan trayek di Indonesia?

Bahkan Bus yang sama untuk rute George Town bisa putar kota seharian 24jam sehari tidak perlu bayar, darimana subsidi untuk bahan bakar dan gaji supir serta operasional lainnya? Coba bayangkan bagaimana tata kelola Transportasi Bus di Penang yang nyaman, aman, tepat waktu dan ber-AC bisa murah?

Standar hidup di Penang memang sangat modern, kelas masyarakat disana sudah terbiasa dengan kemajuan di Pulau Penang yang penduduknya sedikit tapi fasilitas mewah untuk ukuran di Indonesia, ini adalah salah satu bukti bahwa pemerintahan yang maju, bersih dan punya kesadaran membangun peradaban suatu kota, Pasti memikirkan nasib hidup orang banyak yang adil dan sejahtera untuk semua kalangan.


Sepertinya PR ini menjadi catatan bagi saya, agar kembali lagi suatu hari nanti kesini, sambil mencari tahu lagi mengapa mereka bisa berhasil di bidang transportasi missal, apa kunci keberhasilan dan bagaimana merangkul semua lini agar bisa berkerjasama tanpa ada benturan kepentingan sektoral, semuanya demi kepentingan umum yang bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh penduduk.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)