Saturday, 26 March 2016

Pengalaman Menyebrang Jembatan Pulau Penang


Jembatan Pulau Penang sepanjang 15 km yang dibangun selama 40 tahun lalu selesai diresmikan dibuka untuk umum pada tahun 1985 dan menjadi jembatan terpanjang ketiga di dunia saat itu.Dan saya sudah melewatinya dengan sepeda motor dengan berbekal keberanian dan rasa ingin tahu bagaimana kokoh dan bagusnya konsep jembatan ini setelah lebih dari 30 tahun dilintasi oleh orang setiap harinya, wajar kalau ini menjadi mascot salah satu kebanggaan pembangunan bagi negara Malaysia.

Pengalaman Menyebrang Jembatan Pulau Penang


Setelah jauh mengendarai sepeda motor melewati beberapa spot menarik yang bisa menepi sebentar ke badan jalan, saya mulai mengamati dengan kualitas aspal dan beton jembatan, ya memang berbeda dan sangat kokoh hingga 1-2 abad kedepan mungkin. Tidak ada salahnya mulai mengambil beberapa gambar selfie dan video rekaman suasana Jembatan ini.

Durasi perjalanan menyebrangi jembatan pulau penang tergantung kecepatan pengendara, bisa 30menit bisa lebih cepat lagi, ada jalur khusus untuk pengendara sepeda motor dan ketika hendak keluar pulau penang tidak ada Toll loket pembayaran tiket keluar, hanya ada ketika nanti akan masuk kembali ke Pulau Penang melalui badan jembatan sebelahnya, dikenakan harga sebesar 1Ringgit 40 sen. Untuk harga memang sangat murah jika dibandingkan dengan biaya investasi yang telah dikeluarkan untuk membangun jembatan ini.

Selain jembatan pun ada Terminal Ferry yang bisa mengakomodir mobil dan sepeda motor untuk menyebrang ke seberang pulau penang, sistemnya pun sama, keluar tidak bayar tapi ketika hendak masuk balik ke Pulau penang mesti bayar 1 ringgit 40 sen. Naik Ferry atau menyebrang sendiri jembatan sama-sama enak, tergantung pilihan, tapi untuk jarak tentunya sangat berbeda, lebih dekat dari Ferry daripada harus naik jembatan penang.

Sekarang sudah ada Jembatan Penang ke dua, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan Jembatan Penang ke-2 Hanya 3 tahun, betapa kecepatan dan teknologi sekarang dapat mempermudah proses yang dulu butuh 40 tahun sekarang dapat dipangkas menjadi kurang dari 4 tahun, luar biasa kecepatan yang dihasilkan dalam pembangunan infrastruktur di Penang.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)