Facebook

Friday, 18 March 2016

Kunjungan ke Kilang Buah Pala



Hari Kedua selama di Penang, saya habiskan waktu untuk keliling Pulau Penang, dalam perjalanan keliling Pulau Penang tibalah saya didaerah sungai pinang, 11010 Balik Pulau. Disana ada penunjuk arah bahwa didepan ada Kilang Buah Pala (Nutmeg Factory)

Setibanya disana sudah ada kedai oleh-oleh buah pala. Mulai dari Balsem, Halwa (manisan buah pala), permen buah pala, minyak urut, teeh pala, tepung dan minuman buah pala. Lengkap sekali produksi pabrik ini. Tidak ada biaya masuk ke Pabrik ini, malah anda akan disuguhkan minuman jus buah pala gratis yang bisa anda cicipi, rasanya segar ditengah terik matahari.

Kunjungan ke Kilang Buah Pala


Sambil berbincang dengan penjualnya, saya mencoba mencari tahu lebih dalam mengenai bisnis buah pala ini di Pulau penang, sepertinya mereka tidak tertarik untuk berkerjasama untuk di ekspor keluar pulau penang, hanya untuk local di pulau penang saja, sebagai oleh-oleh khas disini.

Infonya banyak pohon Pala di Pulau Penang yang dikembangkan secara perkebunan, dan tidak hanya satu pemain pengusaha pala di Pulau Penang, ada beberapa baik skala besar ataupun rumah tangga yang mengolahnya sendiri dan menjualnya sendiri di atas sepeda motor di beberapa tempat kawasan wisata di pulau penang.

Sebelum pulang, saya ambil saja kartu nama buat pengingat kalau sudah sampai kesini :

Kilang Buah Pala Ghee Hup
Chang Kun Mim – Managing Director
HP : +60164336303 E-mail :gheehup@gmail.com




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)