Facebook

Sunday, 17 January 2016

Review 4 Hostel di Bangkok


Untuk masalah penginapan selama di Bangkok, saya telah memesan 4 Hostel berbeda, yang mana kemudian saya sadari sedikit repot karna setiap hari harus bergerak ganti Hostel. Untuk bisa memesan Hostel tersebut, sebelumnya saya melakukan riset kecil-kecilan mengenai letak lokasi Hostel, Harga yang ditawarkan, Konsep Hostel, dan Review orang-orang yang pernah tinggal disana.

Untuk riset lokasi Hostel, saya menggunakan situs peta lokasi dan akomondasi yang tersedia di situs http://www.rome2rio.com/

Pemilihan akses Lokasi Hostel

Dari sana kemudian saya bisa melihat Hostel mulai rentang harga yang saya bidik, semisal dibawah Rp.200,000. Dengan fasilitas yang ada di situs tersebut, saya bisa menemukan banyak sekali referensi transportasi dan akomondasi disekitar MRT,BTS.

Cari Hostel dengan budget yg sudah direncanakan

Dari data akses transportasi tersebut, kemudian saya membaca beberapa referensi tempat objek wisata disekitar, setelah memastikan lokasi tersebut menjadi pilihan, lalu baru saya cari Hostel disekitar dengan harga yang sesuai dengan perencanaan jalan-jalan 5 hari 4 malam.

Setelah menemukan Hostel pilihan, harganya sudah nampak di situs rio2rome, untuk metode pembayaran saya gunakan fasilitas pencarian di Traveloka.com. Masukkan kata kunci Hostel yang ingin kita booking, lalu bayar melalui Traveloka (metode Transfer via ATM) tanpa harus pusing booking kamar hostel melalui kartu kredit.

Jangan takut, saya sudah melakukannya dan pembayarannya diterima dan diakui oleh semua Hostel yang saya pilih. Pihak Traveloka akan mengirimkan Voucher Hostel ke email kita, Print out-kan simpan ke dalam amplop, satukan dengan ticket pesawat anda.

Nah 4 Hostel yang saya pilih, adalah sebagai berikut :

Hari Pertama, pilihannya di Yim Huai Khwang - Hostel.

ilihannya di Yim Huai Khwang - Hostel.

Secara umum, Hostel ini terbaik dari 3 Hostel lainnya. Lokasi dengan MRT cuma 2 menit jalan kaki. Kamar jenis asrama bersih, nyaman, punya fasilitas penyimpanan barang yang luas dan besar. ada fasilitas handuk gratis, Snack dan air minum gratis di Lobby, kamar mandi juga tidak terlalu kecil, pas untuk ukuran orang indonesia. kekurangannya 1 karna tidak ada fasilitas PC yang bisa digunakan oleh kita, kalau seandainya kita tidak membawa laptop selama perjalanan dan ingin mengosongkan isi Handphone dan Camera Digital ke Memory eksternal.

Hari Kedua, jatuh pada Vimarn Hostel Bangkok.


Ada kekurangan dan kelebihan tinggal disini. Kelebihan pertama akses dekat dengan Bus, tinggal nyebrang jalan naik tangga penyebrangan ada rumah makan muslim, lokasi Hostel pas dipinggir jalan utama. jadi lokasinya premium. Kekurangannya juga ada, semisal model ranjang kasurnya terbuat dari Besi, jadi ada suara bunyi-bunyi kalau dinaiki oleh kita, atau jika yang tidur diatas berisik, maka bunyi kasur juga lumayan tidak nyaman, selanjutnya tangganya susah untuk naik dan turun. Kamarnya terlihat sempit, kamar mandinya juga terlihat sempit, perasaannya terasa sempit tinggal di Hostel ini.


Meskipun mereka punya fasilitas Lift Barang yang sangat berguna bagi traveler yang membawa Tas ransel atau koper besar, yang cukup sulit kalau naik turun bawa barang besar. kemudian harga hostel ini paling murah jika dibandingkan dengan 3 Hostel lainnya, ada fasilitas sarapan pagi gratis (meskipun cuma cereal, roti dan susu plus air jeruk).

Hari Ketiga, Matchbox Bangkok Hostel.

Konsep Hostel 5 lantai ini, modern dan sangat nyaman bagi traveler. ada banyak kelebihan di fasilitas yang ditawarkan, yang paling saya sukai adalah di lantai 5. Ruangan Laundry, Makan Minum, Nyantai, juga ada teras, jadi terasa enak banget untuk menghabiskan waktu disini. Apalagi tersedia PC disini juga. gratis digunakan bagi siapa saja, tentunya terasa pentingnya bagi saya, sehingga bisa langsung mentransfer file photo sambilan ngobrol bareng dengan wisatawan lainnya (china, jepang, belanda, amerika).


Dari semua Hostel, Matctbox Hostel yang paling super. ada fasilitas brangkas, TV, loker penyimpanan yang cukup besar, meskipun tidak menyediakan handuk gratis, tapi semua fasilitas lainya sudah sangat mewakili kelebihan fasilitas yang ditawarkan. Saya suka dengan konsep Hostel Matchbox, sangat bagus dari sisi interior dan ekterior.

Lokasinya memang agak jauh dari BTS harus jalan kaki sekitar 10 menit. Tapi disekitar perjalanan menuju Stasiun banyak tempat menarik yang bisa dilihat-lihat (7 Eleven disebelah Hostel, ATM didepan pintu masuk Hostel) Hotel berbintang, pedagang kaki lima, rumah makan, warung kopi, restoran jepang, ojek, dan masih banyak lagi.

Hari Keempat, Boxpackers Hostel Bangkok.

Nah untuk Hostel terakhir ini, lokasinya lumayan jauh dari BTS nggak mungkin kalau jalan kaki dengan tas ransel besar / koper besar. Tapi tenang ada tukang Ojek dibawah stasiun BTS Ratchathewi. ongkosnya cuma 30 bath (12,000 IDR) minta diantar ke Hostel cuma kurang dari 5 menit sudah sampai. Hostel ini mencampurkan laki-laki dan perempuan dalam satu kamar, tidak direkomendasikan untuk nginap disini.



Kelebihannya banyak, lokasi hostel dekat dengan Baiyoke Tower, dekat dengan Pasar Pratunam, dekat dengan KBRI Indonesia di Bangkok. Meskipun ada fasilitas sarapan pagi gratis, tetap saja menu-nya berbahan baku Pork (babi) nasi babi, omelet daging babi, bubur babi,dll. Jadi ya diambil saja menu seperti cereal susu dan roti yang tersedia.

Semua Hostel diatas bagus, harganya juga murah dibawah 200,000 IDR.

Tidak ada masalah dengan penghuni hostel lainnya. Tidak ada kasus kehilangan atau pencurian yang terdengar selama tinggal di 4 lokasi tersebut, staff-nya ramah dan cukup membantu untuk menginformasikan lokasi menarik yang bisa dikunjungi. Terima kasih sekali dengan Traveloka yang membantu mewujudkan nginap dibanyak Hostel tanpa harus bingung dengan kartu kredit. Semua hostel diatas men-syaratkan deposit 500 bath.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)