Sunday, 17 January 2016

Proses di Bandara Udara (Airport)


Untuk bisa berpergian melalui jalur udara, ada beberapa proses yang harus dilalui untuk bisa masuk ke Bandara hingga bisa naik ke dalam pesawat. Proses-proses ini sudah baku dan harus dilalui oleh setiap penumpang pesawat udara.

Dimulai dari proses di Pintu Masuk.

  • Pemeriksaan Tiket Pesawat dan KTP/Passport

Kemudian masuk kedalam gedung Bandara.
Kita akan melakukan proses pengecheckan

  • Barang bawaan (Ransel, Koper) kedalam mesin X-Ray
  • Barang bawaan elektronik (HP,Tali pinggang,Dompet) dalam wadah terpisah
  • Badan melalui Pintu Pemeriksaan khusus 
Setelah selesai proses ini, kita kemudian berjalan lagi. Kalau ada barang bawaan berat dan besar, ambil Troli. Kalau tidak terus berjalan menuju ke Counter Pesawat Terbang (misal Air Asia, Citylink,Lion Air,dll)
Disini kemudian kita akan melakukan proses Check-in dan menyerahkan Bagasi Koper (Jika ada). Untuk didatai dengan manifes penumpang.

Sebagai catatan :

Jika anda mempunyai bagasi, tandai bagasi anda bisa dengan Coretan Nama di Bagasi. atau Tempelan Khusus untuk menandakan Tas tersebut milik anda. Ketika proses pengambilan Bagasi di runggu tunggu, semoga tidak sampai salah diambil oleh orang lain.

Setelah selesai Check in dan Bagasi, Pihak maskapai penerbangan anda memberikan kertas Boarding Pass. Fungsinya kita sudah terdatai dan siap untuk berangkat naik pesawat.

Catatan Tambahan :

Kalau hendak melakukan penerbangan ke Luar Negeri, maka saat check-in kita juga harus menyerahkan passport, sebagai ganti KTP.

Ketika akan kembali ke Indonesia, di Proses Check in ada tambahan 1 Lagi, yaitu Departure Card.
Departure Card ini diberikan saat kita berada didalam pesawat dan hendak turun ke negara tujuan, ada 2 kertas yang harus kita isikan (saat proses di Imigrasi negara tujuan dan saat proses di imigrasi negara kita).

Yang harus ada 3 : Passport - Departure Card - Boarding Pass

Proses di Bandara Udara (Airport)

Dari sini kemudian anda akan difoto didalam barisan antrian imigrasi. skalian diberikan Cap VISA di Passport sebagai bukti anda telah diterima masuk ke negara tujuan. Durasi Visa yang diberikan tergantung dengan negara-negara yang kita kunjungi.

Visa Bangkok 30hari

Setelah ini selesai semuanya.
Anda akan menuju ke GATE ruang tunggu pesawat.
Disini anda akan di check ulang barang bawaan melalui X-Ray dan Badan.

Di ruang tunggu pesawat anda bisa membeli makan minum, bisa mengisi charger elektronik, bisa melakukan foto dan video,  bisa melalukan apa saja termasuk shopping di duty free.

Catatan Terakhir :

Ketika anda didalam pesawat pulang, anda akan diberikan 1 lembar kertas Custom Declaration (BC 2.2) oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Disini anda diminta untuk menulis nama, nomor passport, alamat, nomor penerbangan. dan memberikan contengan untuk beberapa Pernyataan :
a. Hewan, tumbuhan,sayur-sayuran, makanan dan lainnya
b. Narkotika,dll
c. Uang diatas nominal 100 juta rupiah
d. Rokok diatas 200 batang
e. Barang dagangan
f.  Barang yang dibeli/diperoleh di luar negeri yang melebihi 250 USD  per orang atau 1.000 USD per keluarga (untuk penumpang)

Form ini nanti akan anda berikan saat keluar dari Pintu Bandara, setelah selesai ambil bagasi koper anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)