Facebook

Wednesday, 9 September 2015

Proyek Raksasa - Waduk SUMEDANG - Waduk Jati Gede Masa Presiden Jokowi

Dimasa presiden Jokowi, akan banyak peresmian proyek raksasa infrastruktur sebagaimana janji kampanye-nya dulu, salah satu hal yang menarik adalah proyek waduk Sumedang yang telah menelan waktu pengerjaan terlama di dunia akibat tumbang tindih kebijakan dari Presiden Pertama Soekarno 1963 hingga terealisasi di Presiden Jokowi ditahun 2015. Realitas pahit beberapa kampung-kampung di Sumedang akan hilang demi pembangunan waduk yang membangkitkan listrik dan irigasi pertanian jawa barat.

Proyek Raksasa - Waduk SUMEDANG - Waduk Jati Gede Masa Presiden Jokowi

Harga wajar yang diminta warga untuk biaya relokasi yang harus diganti oleh pemerintah adalah diatas 100juta. Faktor psikologi masyarakat memang tidak mudah untuk diubah, uang tidak bisa membeli kenangan diatas sejarah masa lalu peradaban masyarakat. Uang yang sudah diganti oleh pemerintah 29juta, smoga ada solusi kedepannya untuk pembayaran selanjutnya. Proses relokasi memang rumit, masalah tanah, air minum dan mck, dan listrik semuanya harus dipikirkan solusinya oleh warga.





Pemerintah melalui Gubernur Jawa Barat, memberikan informasi bahwa pembayaran lahan sudah selesai. Pembebasan tahun 80-an sudah selesai, sudah diberikan lahan ganti. Cluster A diganti 122juta. Tahun 2003, 2005, 2007 Cluster B semua penduduk sudah dibayar lunas, meskipun realitasnya sekarang masih bertahan, Pemerintah membantu lagi penduduk untuk uang santunan per KK 29,3 juta untuk uang bongkar rumah, uang pindah rumah, uang sewa rumah dan uang pengganti penghasilan selama 6 bulan.





Ada 48 situs akan dipindahkan ke lahan 3,5 ha yang telah disediakan oleh Pemerintah. sebagaimana keinginan rakyat semuanya akan dipenuhi, tidak ada permintaan yang tidak dipenuhi oleh pemerintah. Dana pemindahan tidak ada masalah untuk situs-situs kuno. Waduk terbesar kedua di Indonesia bermanfaat untuk 90,000 ha lahan sawah, manfaat air baku bersih bagi masyarakat cirebon, majalengka,sumedan, indramayu. akan ada pengendalian banjir, dan terakhir manfaat pariwisata.





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)