Wednesday, 23 September 2015

Ide Keren 5 Aplikasi Hackathon Merdeka 1.0


Menarik sekali, kalau ada anak muda yang peduli dengan project masalah harga sembako dan menggeroyok solusi bagaimana bisa membantu Pemerintah - Pedagang  dan Petani. Mata rantai yang panjang tentunya membuat harga-harga naik terlalu signifikan, meskipun juga harga murah di Petani belum tentu bisa dijual murah ditingkat pedagang - karna banyak faktor yang berperan disana seperti biaya transportasi - gudang penyimpanan - upah kerja - dan biaya operasional lainnya, sehingga untuk bisa menutupi biaya besar tersebut tidak mungkin hanya mengambil margin kecil sebesar Rp.200 - 1,000 rupiah - tidak cukup untuk membiayai keseluruhan operasiona jual beli di Pasar.

Tentunya juga harus ada harga wajar yang sama-sama dapat ditentukan oleh mekanisme pasar. permasalahan para Petani tidak hanya mengenai hasil panen yang melimpah tidak tahu jual kemana atau dihargai murah tapi permasalahan lainnya seperti biaya yang harus dikeluarkan petani untuk bisa menghasilkan produk pertanian cukup besar seperti : biaya pupuk, biaya pembersihan lahan, biaya panen, yang menjadi permasalahan adalah pasar butuh dalam kuantitas besar, tapi permasalahannya petani tidak cukup modal untuk membuka lahan secara besar jika hanya mengandalkan "cangkul" Hasil panen yang luas membutuhkan modal besar baik secara individu ataupun kelompok petani.

Mereka harus hidup pas-pas-an selama beberapa bulan untuk menanti hasil panen tanamannya, dan selama waktu itu mereka harus bisa tetap hidup layak terpikirkan oleh kita selaku Pedagang atau Pembeli? mereka menjaga tanaman hidup subur - sehat - tidak kena hama (penyakit & predator) dan waktu yang mereka habiskan untuk bisa sampai di Pasar hitungannya lama. Jadi sangat pantas jika harus ada harga Wajar (Adil) bagi Petani ketika akan menjual hasil panennya.

Berikut adalah Beberapa Ide bagus mengenai Project Hackathon Merdeka 1.0

Tentunya ini adalah stimulus kedepannya agar bisa membuat lebih banyak lagi konsep yang lebih tepat sasaran dan langsung bisa bermanfaat bagi warga masyarakat kelas bawah - masyarakat berpendapatan minimal dibawah Rp.1.500.000/Bulan yang jumlah penduduknya berkisar 30-50 juta kepala keluarga.

Bagaimana solusi kita atau Pemerintah akan hal ini?






No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)