Sunday, 14 June 2015

Bio Gas Plastik - Karya Arif Nurmawan Yayasan Kanopi Indonesia


Saya tidak pernah terpikirkan bahwa instalasi Biogas bisa murah meriah dengan alat sederhana dan berhasil diaplikasikan ke berbagai macam model, salah satu pioner pembuat Biogas Plastik adalah Arif Nurmawan, Insha Allah kalau ada umur dan kesempatan saya akan mengundangnya memberikan pelatihan dan praktek dikampung saya, saya yang fasilitasi semuanya, menggunakan dana pribadi.

Bio Gas Plastik - Karya Yayasan Kanopi Indonesia

Ide bagus seperti ini harus diperbesar skala-nya pada pedesaan di Indonesia, ini adalah salah satu mata rantai penting dalam membantu perekomonian di kawasan terpencil, bagaimana rakyat bisa terbebas biaya operasional untuk gas memasak, dengan bisa menghasilkan pendapatan dari pengolahan bahan baku memasak dengan penghematan disisi operasional.

entah memasak membuat kue, membuat gula kelapa, membuat keripik, yang mana membutuhkan energi pembakaran, dimana biaya operasional-nya tersebut bisa dikatakan gratis, sehingga dapat memberikan dampak pada pendapatan yang meningkat. ini adalah ideal dan bisa diaplikasikan didaerah-daerah terpencil, sangat membantu dan harus diketahui bagaimana cara pembuatannya.

Semoga niat saya ini bisa kesampaian sebelum akhir tahun 2015 ini, amin.
Bagi yang masih belum paham bagaimana cara menginstalasi Biogas Plastik, silahkan simak pemaparan video dibawah ini, Ayo saya yakin potensi ini masih belum banyak diketahui dan dipraktekkan oleh warga desa di Indonesia.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)