Facebook

Thursday, 7 May 2015

Erizeli Jely Bandaro - Collateral Provider

Seandainya anda punya rencana bisnis yang bagus. Ditinjau dari semua aspek adalah layak. Lantas mengapa tidak bisa dijalankan ? Karena anda tidak punya modal untuk menjalankan. Ini umumnya terjadi bagi banyak sarjana yang ingin terjun berwiraswasta. 

Dia punya konsep bisnis yang bagus namun terkendala modal. Ketika dia mencari pendanaan , tidak ada satupun yang mau kasih dana. Mengapa ? karena dia sebagai pemula dan tidak punya jaminan.Umumnya karena itu banyak calon wiraswasta berhenti ditengah ambisinya,dan akhirnya jadi daftar pengangguran.

Agar potensi dunia usaha dapat diaktualkan dengan tumbuhnya new commer enterprenuer maka pemerintah akan mengusulkan RUU Penjaminan.Dengan demikian siapapun yang punya business plann yang feasible maka bisa mendapatkan collateral dari lembaga penjamin ( Collateral provider ).

Dengan adanya jaminan itu maka tidak sulit untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga perbankan atau lembaga pembiayaan. Pertanyaannya adalah mengapa harus ada lembaga penjaminan? Karena dilembaga ini memungkinkan bisa di struktur resiko itu dalam skema venture business. 

Artinya pihak lembaga penjamin bisa menjadi mitra venture murni dari pemrakarsa proyek. Hal ini di lembaga keuangan yang ada sekarang tidak bisa diterapkan karena terbentur dengan risk management compliance yang diatur oleh Bank internatonal for settlement.

Setelah lebih dari setengah abad merdeka , baru kini kita akan punya lembaga penjamin ( collateral provider ) yang memungkinkan siapa saja bisa menjadi pengusaha dan peluang menjadi milik semua untuk tegaknya keadilan sosial.

Kita bersyukur karena mendapatkan pemimpin yang berlatar belakang pengusaha dari kaum terpelajar yang tumbuh bukan karena warisan harta keluarga tapi dari kreatifitas dan kerja keras. 

Karenanya Jokowi sangat sadar bahwa sudah saatnya kaum terpelajar ambil bagian besar sebagai motor penggerak ekonomi nasional dan menjadi hero untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.


Nak, di china tumbuh berkembangnya Bisnis Karena kaum terpelajar bangkit sebagai wiraswasta dan negara menyediakan lembaga penjamin untuk mereka. Nah kalian kaum terpelajar, kaum elite di negeri ini. 

Hanya kalian yang mampu menjadi petarung berkelas dunia untuk kejayaan negeri ini. Mari bangkit dan lihat kedepan, bahwa rakyat membutuhkanmu dan negara hadir disetiap ruang untuk mu..apalagi yang kamu tunggu? Apalagi alasanmu? .Berhentilah mengeluh nak, karena itu tidak elok, pahamkan, sayang..

Erizeli Jely Bandaro - Collateral Provider
Creative common image by EJB

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)