Facebook

Wednesday, 22 April 2015

Tips Iklan di Twitter Indonesia - Rp.1 Twitter Ads khusus untuk UKM


Strategi pemasaran yang baik, cepat dan tepat sasaran adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bisnis. Berbisnis dalam bidang apapun pemasaran memegang peran vital selain faktor teknis lainnya. Bagi mereka yang baru mulai membangun bisnis pada skala kecil dan menengah atau yang lazim disebut Usaha Kecil Menengah (UKM), pemasaran “menguras” perhatian dan investasi yang besar.

Namun, kini muncul fenomena “toko online”, di mana akun media sosial disulap menjadi toko sekaligus media pemsaran. Nyaris di semua media sosial kita bisa menemukan transaksi dagang dan iklan “gratis”. Tak dipungkiri lagi, lalu lintas di media sosial pun menjadi sangat sibuk dan grafik pengguna meningkat akibat fenomena tersebut. Hal ini kemudian membuat media sosial berlomba membuat sejumlah penwaran untuk mengakomodasi para UKM, termasuk yang dilakukan oleh Twitter yang menghadirkan Twitter Ads khusus untuk UKM.

Tips Iklan di Twitter Indonesia - Rp.1 untuk 1 Twit
Creative common image by SWA


Menurut Aliza Knox, Managing Director Online Sales, Twitter Asia Pacific, ada sejumlah data yang membuat Twitter memutuskan untuk membuat layanan Twitter Ads khusus untuk UKM. Pertama, pasar UKM di Indonesia tumbuh sangat cepat dalam dua tahun terakhir ini. Kedua, data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, terdapat sekitar 58 juta UKM di Indonesia – yang merupakan 97 % dari total pekerjaan yang tersedia dan 60 % dari GDP.

Twitter sendiri mengelompokkan para UKM ini dalam beberapa kategori industri di antaranya event organizer, jasa, travel, ritail, dan makanan minuman. “Dengan anggaran minimum, para UKM dapat mengikat pelanggan secara real-time dan meningkatkan penjualan di dalam jaringan sosial dengan 288 juta pengguna aktif yang selalu terkoneksi di seluruh dunia,” jelas Knox.

Menurut Knox, Twitter Ads dapat digunakan dengan mudah oleh para pemilik bisnis UKM, “Syarat utamanya adalah mereka memiliki kartu kredit untuk pembayarannya,” ujarnya. Sedangkan bagi pemain UKM yang belum memiliki kartu kredit, menurut Knox pihaknya belum memiliki solusi untuk hal tersebut. Kedua, pegguna Twitter Ads hanya perlu membayar untuk setiap aktifitas yang sesuai dengan tujuan dan kategori spesifik , sehingga dapat mendorong ROI yang tertinggi bagi si pengiklan.

“Saat ini kami tawarkan harganya Rp 1 untuk satu kali klik iklan yang sudah terpasang,” jelas Knox. Oleh karena itu Knox menyarankan agar pengguna Twitter Ads nanti lebih baik capai follower yang gemar merekomendasikan brand atau merek tertentu kepada jaringan temannya.

“Yang kami lihat pengguna Twitter di Indonesia 39 % suka merekomendasikan brand tertentu kepada teman mereka,” jelas Knox. Oleh karena itu menurut Knox, pihaknya optimis Twitter ads akan menjadi media yang pas dengan karakter pengguna media sosial di Indonesia.

Berikut 8 tips terbaik untuk bisnis kecil di Twitter :

1. Cari suaramu : Jangan takut menunjukkan jati diri bisnis anda, bahkan siapa dibalik bisnis terbesut. Tentunya gaya bisnis setiap orang berbeda-beda sesuai kebutuhan, jadi tugas anda adalah menemukan pola yang sesuai dengan bisnis dan pelanggan anda.

2. Pantau : Cari tahu percakapan yang menarik dan sedang dibincangkan tentang perusahaan anda.. produk dan kompetitor anda lewat Twitter.

3. Berinteraksi : Gunakan Twitter untuk memberi wawasan dan informasi tentang perusahaan anda yang tidak bisa dicari pelanggan dimanapun atau ditempat lainnya. Tanya follower anda dan pelajari komentar mereka.

4. Tanggapi : Balas saat mereka tweet tentang bisnis anda. Favorite, dan Retweet pesan positif dan menarik, dan berterimakasihlah kepada mereka yang telah memberikan dukungan . Jangan abaikan tweet hanya karena isinya kritis – tanggulangi isu sedini mungkin dan cari tanggapan positif yang bisa digunakan, sebagian diskusi kadang harus diselesaikan secara offline.

5. Selalu ikuti tren: karakteristik dasar Twitter adalah konten dengan daya pikat dan waktu singkat, maka sering-seringlah tweet tentang topik yang relevan. Coba berinteraksi dengan tren dan hastag yang cocok dengan perusahaan anda.

6. Berikan nilai jual di tiap tweet-mu : setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda. Cari tahu apa yang pelanggan sukai dan sesuaikan tweet anda. Tidak semuanya harus melulu mengenai produk atau perusahaan anda.

7. Tweet sesuatu yang shareable : orang lebih banyak berinteraksi dengan konten yang menarik. Seperti foto, pertanyaan, atau video vine.


8. Amplifikasi pesan anda : setelah keberadaan bisnis anda dikenal di Twitter, promosikan produk yang mampu membantu medorong pertumbuhan jumlah follower dan menjangkau lebih banyak pelanggan.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)