Facebook

Wednesday, 22 April 2015

Erizeli Jely Bandaro : Investasi China di Indonesia ( Private to Private)


UU China melarang Pemerintah China melakukan direct investment ke negara lain. Ini dicanangkan oleh Dengxioping ketika me-reformasi ekonomi CHina.

Erizeli Jely Bandaro : Investasi China di Indonesia ( Private to Private)
Creative Common image by Erizeli
Apa tujuannya?

untuk memastikan dunia bahwa ekspansi ekonomi China tidak ada kaitannya dengan ekspansi ideologi komunisme. Ini juga memastikan kebijakan internasional China berbeda dengan Uni Soviet yang menjadikan platform Komunis sebagai gerakan internasional.

Kebijakan geopolitik China adalah kebijakan geostrategis, yang murni karena alasan ekonomi, bukan hegemoni. Lantas bagaimana caranya china melakukan kebijakan geostrategis nya ?

China menggunakan BUMN dibidang investasi untuk aksi private placement ( China Investment Corporation ) dan untuk project financing, pemerintah menggunakan BUMN contractor dan vendor dengan dukungan Kredit Ekspor. Jadi skema investasi China murni dasarnya adalah private to private. Tidak ada negara terlibat.

Dalam hal proyek yang dibangun di Indonesia untuk 24 pelabuhan, 15 bandar udara (airport), pembangunan jalan sepanjang 1.000 kilometer (km), pembangunan jalan kereta sepanjang 8.700 km, dan pembangunan pembangkit listrik (powerplan) berkapasitas 35 ribu megawatt. 

Itu adalah proyek kerjasama antara BUMN Indonesia dengan BUMN China. 

Tidak ada negara bertanggung jawab atas resiko proyek itu. Proyek ini dibangun dengan melibatkan ahli keuangan,insinyur, ekonom terbaik untuk menghasilkan manfaat ekonomi dalam jangka panjang. 

Jadi tetap hak kontrol ada pada BUMN Indonesia karena merekalah sponsor proyek dan BUMN china tak lebih hanya mitra atas dasar equal.

Berbeda dengan pendanaan dari Amerika melalui proxy nya ( Negara eropa dan Jepang ) yang memberikan shark loan kepada pemerintah ,yang mengikat dan menjerat hak politik negara dan rakyat tentang keadilan. 

Karena term-nya term predator kepada yang lemah. Tawaran skema china ini ditolak oleh Amerika bersama negara proxy nya dan para proxy LSM dan Ormas ramai ramai menyudutkan pemeritah Jokowi agar keluar dari China dan kembali ke cara lama..utang aja lewat APBN.

Creative common image by Detik

Setiap tahun jumlah penduduk bertambah 3,5 juta orang. Ini sama dengan jumlah penduduk singapore. Apabila pemerintah lambat membangun maka kekurangan kapasitas infrastruktur akan semakin bertambah karena yang ada akan rusak..

Dan ekonomi bisa stuck bila tidak ada pembangunan sarana umum. Anak cucu kita akan korban..mari smart bersikap dan berdoa..



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)