Facebook

Friday, 30 January 2015

Affiliate Marketing itu Ilmu Pengetahuan dan Seni oleh Rully Kustandar


AffiliateMarketing itu Ilmu Pengetahuan dan Seni. Disebut Ilmu Pengetahuan karena dia bisa terukur, bisa dihitung dan ada parameter2 yang secara pengetahuan dan statistik memang valid.

Sering marketer kita mengabaikan hal ini, padahal sebagai sebuah bisnis Affiliate Marketing bila pengetahuannya dipergunakan bisa memperkecil resiko-resiko yang mungkin timbul.

Creative Common image by HA


Saya ambil contoh banyak Marketer kita bilang kalau produk ClickBank itu tidak bisa atau tidak konversi di Traffic Source selain Facebook.

Pertanyaannya, sudah seberapa jauh dia menguji traffc source itu? Berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk menguji traffic source itu? jangan-jangan baru keluar modal $50-$100 saja sudah mengatakan Traffic Source tsb tidak konversi untuk ClickBank. Itu sih kebiasaan dimanjain sama bugs nya Facebook....

Yang akan saya bahas ini adalah kondisi real yang terjadi di dunia affiliate marketing, dan telah teruji begitu lama.

Kenapa sementara ini saya main di offer-offer dengan payout $0.5 - $2? Alasan utamanya adalah karena keterbatasan modal. Semakin besar Payout sebuah offer, semakin besar pula modal yang dibutuhkan untuk menguji offer tersebut pada sebuah Traffic Source. Makanya diberbagai forum yang membahas tentang Affiliate, banyak para Super Affiliate atau para guru, menyarankan untuk memulai dari offer dengan payout kecil, dibawah $2. Karena mereka tahu persis berapa modal yang dibutuhkan untuk menguji sebuah offer.

Seorang super affiliate ahir tahun lalu, menjalankan sebuah Campaign dengan sebuah offer baru keluar saat itu untuk target Australia. Payout dari offer itu kalau saya tidak salah sekitar $7-$8, dan dia habiskan $5000-$8000 selama 2 minggu untuk menguji dan 'membeli data' di salah satu traffic source! Bayangkan, untuk offer dengan payout segitu, $5000-$8000 dia buang untuk beli data. Tapi apa yang terjadi setelah itu, Campaign nya bisa menghasilkan ROI yang sangat tinggi selama berminggu-minggu kedepannya.

Hal yang sama saya alami, untuk sebuah offer dengan payout $4-$5 saya menghabiskan $500-$1000 untuk mengujinya sebelum mencapai ROI yang saya harapkan, dan setelah itu selama 3 bulan berturut saya menikmati keuntungan sampai dengan offer tersebut paused.

Cara yang demikian sudah sangat lazim didunia Affilate Marketing, dan memang sangat terukur. Bayangkan kalau payout offer itu $20-$100 seperti produk ClickBank, berapa banyak modal yang Anda butuhkan untuk membeli data dan mengujinya. Itu sebabnya saya tidak tertarik lagi jualan CB, kenapa? Modalnya gede banget...

Affiliate Marketing itu pengetahuan dan bisa diuji, bukan ilmu kira-kira....


Jadi Affiliate Marketing itu butuh modal? Iya, jangankan Affiliate Marketing, buka gerobak gorengan pinggir jalan aja butuh modal, apa lagi ini...



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)