Facebook

Thursday, 30 October 2014

Inspirasi Usaha Sosial : Ekowisata Wonorejo



Membangun Hutan Bakau sebagai objek ekowisata Mangrove telah dipelopori oleh Pemerintah Surabaya, tepatnya dikelurahan wonorejo, kecamatan rungkut, Surabaya. Dampak ekonomi yang terbentuk dari wisata ini sangat menggembirakan.

Putaran uang ekonomi selain membantu ekonomi masyarakat sekitar seperti warung makanan dan minuman, penyewaan kapal kayu untuk mengelilingi hutan bakau, juga menjaga kelestarian hutan bakau dari para penjarah kayu bakar untuk arang.

Hutan Bakau Wonorejo memiliki luas 200 hektar dan memiliki 38 jenis spesies bakau, ikut didalamnya sebanyak 36 karyawan, ini membuktikan bagaimana satu konsep ekowisata dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi 36 orang yang mempunyai dampak pada kurang lebih 100 orang (36 Kepala Keluarga).

Inspirasi Usaha Sosial : Ekowisata Wonorejo
Creative Common Image By Ekowisata Manggrove Wonorejo

Inspirasi Usaha Sosial : Ekowisata Wonorejo
Creative Common Image By Ekowisata Manggrove Wonorejo

Inspirasi Usaha Sosial : Ekowisata Wonorejo
Creative Common Image By Ekowisata Manggrove Wonorejo


Pengunjung akan dikenakan biaya Rp.25,000 untuk mengelilingi hutan bakau menggunakan kapal kayu, Dalam sebulan kurang lebih ada 10,000 orang yang mengunjungi Ekowisata Wonorejo,fantastis bukan? Putaran uang dari tiket masuk dan wisata dari 10,000 pengunjung mencapai Rp.250,000,000. Belum lagi dari omset wisata kuliner dan berbagai macam kegiatan rombongan wisata yang bisa mencapai angka pendapatan yang fantastis.

Apakah ini menguntungkan? iya jelas menguntungkan selain hutan bakau terawat, lapangan pekerjaan baru terbentuk, masyarakat punya tempat wisata pilihan selain Mall, bisa menghirup udara sejuk dan menghilangkan penat dari kebisingan kota.










No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)