Facebook

Thursday, 2 October 2014

Informasi mengenai Ikan Sidat di INDONESIA

Informasi mengenai Ikan Sidat di INDONESIA

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Bisnis Ikan Sidat oleh Joko Intarto.

Berikut adalah Komentar Para pembaca dan Informasi yang mereka sampaikan, penting sekali untuk dijadikan bahan renungan dalam rencana membuat usaha bisnis ikan sidat di Indonesia.



Raja Pintet Jogjakarta Tidak seperti dibayangkan Pak JTO. Untuk Saat ini Banyak Pembudidaya Ikan SIDAT sekarat. Harga Ikan Sidat di Pembudidaya Berkisar Rp.120.000-140.000/kg. Untuk Unagi Kabayakinya sendiri Berharga Rp.500.000-700.000/kg. tahun kemarin seiring berlimpahnya SIDAT budidaya dari Petani Membuat Harganya Anjlok. 

Untuk Perdagangan Ikan Sidat sendiri Banyak sekali Kartelnya Khususnya untuk diPasok ke Jepang. Sejujurnya Indonesia sendiri adalah Penghasil Glass Eel (Benih SIdat) hasil dari Tangkapan Alam terbesar di Dunia. 

Ikan Sidat hanya Bisa di Budidayakan dari GE tangkapan Alam yg Kemudian menjadi Elver dan selanjutnya di Besarekan Lagi Menjadi Sidat Konsumsi. Sampai saat ini ikan sidat belum bisa di Pijahkan. karena Ikan Sidat Dewasa hanya bisa Memijah dilautan Lepas.

Joko Intarto menarik infonya mas. cerita kenalan saya tadi tidak bisa saya konfirmasi, karena tidak punya referensi. soal budidaya, dia juga cerita yang dilakukan hanya memelihara hasil tangkapan kecil sampai ukurannya cukup untuk dijual


Raja Pintet Jogjakarta Sekedar Tambahan Informasi... Di Jepang Sendiri Ikan Sidat sudah Termasuk Red Notice Fish. Hal ini Akibat semakin Menurunnya Tingkat Habitatnya. didalam FAO(Food Asociation Organization) Ikan Sidat sendiri sudah Masuk Katagori Ikan Langka. untuk Itu Masyarakat di Himbau Untuk Tidak Mengkonsumsinya Lagi. 

Tapi Itulah Kebiasaan Manusia, semakin dilarang semakin di Buru. layaknya Shark fin atau sirip ikan Hiu. Penyebaran Habitat Ikan Sidat sendiri meliputi dari Ujung Barat Pantai sumatera sampai Pantai selatan Jawa. SIdat didaerah Ini lebih Banyak Dari Jenis Bicolor

sedangkan Dari Pantai Sulawesi sampai ke timurnya lebih Banyak Ikan Sidat dari Jenis Marmorota. 

Silahkan Berkunjung di Group Budidaya Ikan Sidat BENGKEL SIDAT ONLINE. atau Group SIDAT BUDIDAYA DAN PERBURUAN SIDAT. mudah Mudahan Membantu Teman Teman Yang Ingin Berbudidaya Ikan Sidat. "Mari Makan Ikan Biar Cerdas, Sehat dan Kuat". Salam Petani... Salam Mandiri... Demi Indonesia.


Diarso Didi Mas JT0, untuk proses unagi kabayaki tidak mudah dan investasinya tidak kecil.. suplai bahan baku masih bermasalah karena bibit hanya ada dr tangkapan alam. Kalau masih skala kecil pasar dalam negeri lumayan besar serapannya. Pak Raja pintet benar paparannya.

Hanifa Cipon Saya kalau mancing sering dapat 4-5ekor..dg berat rata-rata 3-4kg...di papua masih buanyakkk ikan sidat..

Garin Sutomin Pakke...ikan sidat itu apa ikan Kotes/Kutuk?

Andre Basuki Benih Ikan Sidat tidak bisa di Ekspor, karena kalau sampai ketahuan maka akan masuk Penjara...paling tidk akan terkena sangsi denda yang lumayan besar.....Benih Ikan SIdat termasuk yang DILARANG di Ekspor,....beberapa waktu lalu memang sempat marak penyelundupan benih ikan Sidat ke Jepang...di Bali sekitar 1,5 tahun lalu ada yang ketangkep menyelundupkan ikan ini, ..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)