Facebook

Thursday, 2 October 2014

Bisnis Ikan Sidat yang Menggiurkan, Modal Kecil Hasil Besar

Bisnis Ikan Sidat yang Menggiurkan, Modal Kecil Hasil Besar

Tulisan ini saya temukan dari Mas Joko Intarto,

Sebelumnya anda harus tahu dulu bahwa perlu investasi untuk pembuatan pembesaran sidat, perlu mencari pasar ikan sadat, lalu kalau semuanya sudah anda temukan, silahkan praktek cara menjadi makelar ikan sidat untuk Restoran di kota anda.

jual beli ikan sidat kampung

Keuntungan memasok ikan sidat di Restoran Jepang ternyata sangat mencengangkan. Ikan yang posturnya mirip belut itu memberikan keuntungan 400 persen. ''Mosok sebesar itu?'' tanya saya kepada pemasok ikan sidat yang tidak mau disebut namanya itu, ketika berjumpa di Jakarta Selatan, Kamis petang..

Pemasok yang tinggal di Lenteng Agung itu kemudian menceritakan, bisnisnya berawal dari pertemuan yang tidak disengaja. Ketika dia pergi memancing di Sukabumi, didapatnya beberapa ikan sidat dengan berat hampir setengah kilogram per ekor. Cukup besar untuk ukuran ikan sidat.

Dari beberapa literatur yang diperoleh di internet, diketahui bahwa ikan sidat tergolong ikan favorit orang-orang Jepang, untuk masakan unagii. Dia pun mengontak seorang teman sekolah dasar yang sekarang membuka restoran Jepang di Jakarta.

cara bikin  masakan unagii jepang


''Restoranmu butuh ikan sidat nggak?'' tanya pemasok itu.
''Butuh bingiiits. Cuma susah dapatnya,'' jawab pemilik restoran.
''Berapa standar harga ikan sidat dari pemasok di restoranmu?'' tanya pemasok itu.

''Untuk ikan sidat dengan berat minimal 300 gram, harga hidup Rp 750.000,'' jawab pengusaha restoran.

Sejak itu, usaha pemasokan berjalan. Setiap Sabtu, pemasok itu pergi ke Sukabumi untuk mengambil ikan sidat liar yang dibudidayakan. ''Itu awalnya ikan hasil mancing, tapi masih kecil-kecil kemudian dipelihara,'' terang pemasok itu.

"Bila dihitung-hitung, untuk menghasilkan sidat seberat 300 gram membutuhkan biaya Rp 150 ribu. Kalau dijual menjadi Rp 750 ribu. Lumayan untuk penghasilan mingguan,'' kata pemasok itu.


Untung 400 persen kok lumayan? Itu besar bingits om!

Video Management Budidaya Ikan Sidat oleh LIPI


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)