Monday, 15 September 2014

Rully Kustandar : Facebook Ads

Rully Kustandar : Facebook Ads

source : https://www.facebook.com/rully.kustandar.v17?fref=nf

Facebook Ads itu termasuk Unfashionable Traffic Source. Dia secara teknologi/features paling ketinggalan dibandingkan Traffic Sources lain. Bicara Tracking ads, FB baru ada 1-2 tahun lalu itu pun sederhana sekali, TS lain itu menu wajib. 

Time Scheduling juga belum lama kalo tidak salah CMIW, sementara TS lain dah dari kapan hari. PPI (Pay Per-Install) untuk app juga baru ada tahun lalu. Dan banyak Feature lain terutama u Mobile Traffic yang tidak di support oleh Facebook Ads.

Kalau bicara konversi memang sering kali oke karena dia based on community, tapi ya itu tadi karena features nya kurang, jadi sering sulit untuk mempertahankan konversi. Sulit melakukan optimasi secara lebih jauh terhadap campaign karena tidak terdapat banyak pilihan u optimasi. 

Contoh sederhana, anda pasang FB Ads menggunakan Interest sebagai filter, sulit sekali untuk mengetahui konversi yang terjadi dari interest mana? Kecuali Anda melakukan split ads tiap Interest, wow, bener2 nggak praktis. 

Itu baru hal kecil, masih banyak hal lainnya yg sulit melakukan optimasi pada FB Ads. Oleh karenanya, menurut saya FB Ads kurang pas jika beriklan untuk tujuan konversi... Bukan berarti nggak bisa, bisa, bahkan mungkin sangat bagus (apalagi klo dapet Jackpot), tapi itu tadi, optimasi-nya sulit, cuma nebak2, jadi sulit untuk mempertahankan atau menaikan konversi...


Facebook Ads sementara ini lebih cocok untuk Branding, ngiklan yang tidak ada target konversinya...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)