Facebook

Thursday, 4 September 2014

Prof Mulyana Ahmad : Potensi NANO CABE Indonesia

Prof Mulyana Ahmad : Potensi NANO CABE Indonesia


source : https://www.facebook.com/mulyana.ahmad.39

KECIL- KECIL CABAI RAWIT

Si kecil ini selalu bikin cerita hot selalu bikin ulah setiap tahun. Fluktuasi harganya sering mempengaruhi inflasi daerah sampai 1,07%. Ulahnya membuat tobat, tapi tobat sambel. Karena akan berulang kembali ditahun berikutnya. 

Kenapa bisa begitu?

Mari kita urai benang kusut cabe-cabean di indonesia.

Konsumsi Cabai indonesia Tahun 2013 adalah 1,72 juta ton atau setara konsumsi perkapita 1,4 Kg. Tidak terlalu besar sebenarnya.

Mari kita cari akar permasalahannya

Kebiasaan masyarakat indonesia membuat sambal itu harus dengan cabai segar

Lidah masyarakat indonesia kurang menerima sambal jadi dalam kemasan buatan pabrik. Sambal seperti ini hanya cocok untuk teman makan mie instan, bakso atau fried chicken

Sambal 100% cabai asli telah berubah warna karena pengolahan, sehingga membentuk persepsi bahwa sambal asli inipun adalah sambal campuran.



SOLUSI

Masalah benang kusut percabaian ini akan selesai bila kita meningkatkan teknologi pengolahan cabai. Pada saat produksi cabai berlebih, pemerintah bisa menyimpan cabai dalam bentuk olahan setengah jadi, hanya merubah bentuk dari cabai segar menjadi gilingan cabai segar yg tahan disimpan lama. Selanjutnya cabai giling segar ini dijual layaknya cabai segar dalam kemasan yang fungsinya sama persis dengan cabai segar.

TEKNOLOGI

Seperti biasa, tugas ini bisa diemban oleh nanoteknologi. High electric field electroporation memiliki kemampuan mensteril cabai giling segar ini tanpa merubah warna, merubah tingkat kepedasan dan merubah semua sifat kimia fisika dan nutrisi cabai giling segar.


Rasanya tidak ada alasan lagi pemerintah untuk segera mengaplikasikan nanoteknologi dalam urusan hajat hidup orang banyak dengan segera. Bila kita terlambat lagi......... silahkan berjualan cabai giling segar buatan Tiongkok atau Thailand.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)