Facebook

Wednesday, 10 September 2014

Prof Mulyana Ahmad : FILTER AIR LAUT MENJADI AQUA

Prof Mulyana Ahmad : FILTER AIR LAUT MENJADI AQUA

 
source : https://www.facebook.com/mulyana.ahmad.39?fref=nf
Zaman keemasan membrane SWRO penyaring air laut menjadi air minum mungkin sebentar lagi akan tergantikan oleh membrane jenis baru nano perforene yg terbuat dari film graphene yg dilubangi skala atom. Membrane graphene ini mengungguli membrane SWRO dari semua sisi, antara lain:

  • Membrane SWRO terbuat dari polymer, sedangkan membrane perforene terbuat dari graphene yg memiliki tensile strength 133 x lebih kuat dari baja
  • Membrane SWRO bekerja pada tekanan tinggi 50 sd 62 bar
  • Perforene bekerja pada tekanan 3 bar tetapi kuat ditekan sampai 1.000 bar.
  • Perforene bisa menggunakan pompa biasa yg tahan air laut (murah), sedangkan SWRO membutuhkan pompa khusus tahan air laut dan bertekanan tinggi (mahal)
  • Flow rate perforene 60x membrane SWRO
  • Reject proses membrane SWRO 45 %, Reject perforene 15%
  • Umur pakai SWRO 3 tahun, Perforene 15 tahun


Kabar gembira untuk Anda yang tertarik membuat membrane graphene, GRAPHENEA mengeluarkan small CVD yang bisa menumbuhkan film graphene skala lab. Ukurannya kecil dilengkapi dgn plate katalis tembaga dan pompa vacuum dan ditambah manual book lengkap. Anda tinggal menyiapkan tabung gas CH4, H2 dan gas Argon.


Lembaran film graphene yg anda buat belum memiliki fungsi sebelum memperbesar lubang graphene sesuai kebutuhan. Ukuran lubang menentukan material apa yg akan dipisahkan atau dimurnikan. Ukuran lubang dibawah 6 nano meter digunakan untuk memurnikan gas. 

Anda bisa memproduksi gas Nitrogen murni, oksigen atau CO2 murni langsung dari udara bebas. Ukuran lubang dibawah 12 nanometer digunakan untuk memisahkan garam multi valent divalent dan mono valent seperti air laut. Sayangnya metode membuat lubang ini anda harus menguasi graphene defects engineering. banyak pilihan metode gabungan dari cara kimia dan fisika. Ion beam, laser, UV extreem, Galium ion beam bombardier dll. (kapan2 kita ulas lagi)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)