Friday, 26 September 2014

Mbah Katob : 13 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Adwords

Mbah Katob : 13 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Adwords

Source : MK

Setiap bisnis baik online maupun offline selalu akan berusaha memperluas dan memperdalam daya jelajah promosinya. Sebagus apapun sebuah produk, tanpa didukung oleh kesadaran konsumen (audiences awareness), maka produk tersebut sama saja TIDAK ADA. 

Itulah sebabnya, kehadiran sebuab produk dimemori calon pembeli menjadi sebuah keharusan agar bisnis berkembang pesat. Dari berbagai jenis platform advertising baik online maupun offline, Google Adwords memiliki banyak kelebihan dibanding kompetitornya, sebut saja Facebook Ads, Bing atau Yahoo Network. 

Dengan memahami karakteristik Google

Adwords sebagai sebuah platform advertising, Anda akan menemukan partner bisnis yang akan membantu Anda dari memperkenalkan brand produk ke konsumen, menyebarkan product knowledge sampai, ekstensi promosi sampai menutup transaksi. 

Semua bisa dengan mudah ditangani oleh Google Adwords. Semua ini bermuara pada satu fakta: Google Adwords (GA) adalah system advertising pay per click (PPC) yang dimiliki Google. Ini tidak pelak lagi adalah platform iklan yang sangat impresif. Salah satu alasannya karena GA memiliki segudang tool dan fitur yang bisa kita ajak bermain-main agar campaign kita semakin bagus dan bagus. Sistem ini sangat aplikatif bagi semua jenis bisnis online dan offline. 

Memang dibutuhkan biaya, waktu dan terutama skill yang bagus untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tapi itu bukannya tidak mungkin dicapai. Agar bisa mendapatkan ROI yang ciamik, Anda harus memiliki mindset yang tepat, sumber daya yang mumpuni dan tentu saja strategi memainkan bidak-bidak yang ciamik. Hanya dengan begitu campaign Anda bisa benar-benar WOW!

Sekedar mengingatkan, sekalipun Google Adwords akan menjadi pilihan

terakhir Anda dalam mendatangkan traffic, ini tidak berarti Anda menghentikan atau tidak memakai saluran-saluran lain dalam mengundang pengunjung organis ke situs Anda seperti lewat media sosial, email marketing, posting review atau video marketing. 

Sebagai paid traffic generator, Google Adwords akan memberikanhasil secara maksimal jika Anda mengiringinya dengan memaksimalkan promosi berbasis search engine optimization (SEO) sebagi free traffic generator. 

Adanya Google Adwords tidak berarti meniadakan SEO, bahkan keduanya harus berjalan beriringan dan saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain. Hanya dengan pemahaman seperti ini: optimalisasi potensi pasar dan efisiensi sumber daya internal, bisnis Anda bisa berkembang pesat.

Ok ini dia 13 alasan mengapa Anda harus menggunakan Google Adwords.

1. Google Adwords Bersifat Scalable (bisa diskalasi)

Salah satu tantangan terbesar para advertiser adalah bagaimana menemukan sebuah lead yang bisa dikonversi langsung. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menjalankan dua atau lebih campaign hanya untuk mengkonversi seorang lead. Bila Anda sudah menemukan triknya, Anda hanya tinggal memperbesar budget PPC Anda untuk menambahkan lead Anda dalam deret hitung. Inilah alasannya mengapa Google Adwords sangat dianjurkan bagi Anda yang tidak memiliki budget besar dan tidak sabar ingin mendapatkan traffic secara instan.

2. Google Adwords Bersifat Measureable (bisa diukur).

Berbeda dengan saluran iklan lainnya seperti iklan di surat kabar atau televisi, Google Adwords adalah platform iklan yang bisa diukur (measureable). Kalau di SEO Anda akan menemui kesulitan mengukur seberapa efektif kampanye SEO Anda berbanding dengan konversi yang Anda inginkan, tapi ini sangat berbeda bila Anda menggunakan Google Adwords. Di Google Adwords Anda akan mendapatkan data yang lebih transparan karena adanya berbagai macam metrik PPC yang bisa Anda lihat untuk melihat mana yang sukses dan mana yang gagal. Hanya dengan melihat data otentik dan transparan ini Anda bisa dengan cepat memutuskan apakah campaign Anda menguntungkan atau tidak.

3. Google Adwords Bersifat Fleksibel.

Sebagai platform yang fokus ke ROI penggunanya, Google Adwords menyediakan berbagai macam tool dan fitur yang siap digunakan untuk mendesain berbagai macam campaign sehingga Anda benar-benar bebas berkreasi untuk menemukan sebuah winning campaign dengan hyper-targeting ke calon lead Anda. Dengan fleksibilitas yang hampir tanda batas, Anda bisa: menarget tipe-tipe khusus keyword yang Anda inginkan, menggunakan ekstensi, memperkecil audiens, mengakses non-search user yang luas seperti Gmail.

4. Google Adwords Memberi Hasil Lebih Cepat Dibanding SEO.

Ini jelas tidak bisa dipungkiri. SEO yang mengandalkan pencarian organis sangat tergantung pada waktu kematangan sebuah optimasi yang bisa harian, mingguan bahkan untuk keyword tertentu bisa berbulan-bulan baru nongol di Page One. Tapi tidak dengan Google Adwords karena sifatnya yang hampir instan: karena – bila bidding keyword Anda tepat dan dukungan modal / investasi Anda mencukupi, Anda bisa dengan cepat mendapatkan impresi dan akhirnya klik atas advertising Anda lantaran iklan Anda muncul di bagian above-the-fold atau right-side atau bottom-side pada sebuah halaman pencarian Google.

5. Google Adwords (terkadang) Bisa Sangat Murah.

Berbeda dengan SEO yang biasanya dianggap sebagai 'iklan / traffic gratis'
(sekalipun perlu skill, investasi waktu dan tenaga serta kesabaran untuk
menunggu kematangan sebuah optimasi keyword sebelum muncul di halaman #1 atau ‪#‎n), 

dengan Google Adwords Anda bisa mendapatkan ROI yang sangat murah bila design campaign Anda benar-benar bagus. Dan tahukah Anda terkadang Google Adwords bisa diperoleh dengan benar-benar gratis 100%. Bagaimana caranya? Apalagi kalau dengan memanfaatkan Adwords Coupons / Vouchers. Lihatlah betapa banyaknya agensi adwords, perusahaan hosting, pelaku workshop yang berlomba-lomba menarik buyersnya dengan menawarkan VouchersGoogle Adwords.

6. Google Adwords Lebih Mudah Dibanding SEO.

Jika skill dan investasi Anda mencukupi, Google Adwords jauh lebih mudah dibandingkan SEO dari segi maintenance (perawatannya) karena Anda tidak perlu mengeluarkan investasi energi, skill, waktu dan pikiran yang begitu besar yang diperlukan untuk mengoptimasi keyword-keyword yang Anda bidik di dalam situssitus Anda (onPage). 

Lupakan investasi waktu Anda dalam membuat konten SEO yang bagus, optimasi yang melelahkan dan menjaga backlink Anda tetap berkualitas karena dengan Google Adwords Anda bisa membypass semua itu dan iklan / advertising atau link situs Anda akan dengan sendirinya muncul di halaman pencarian Google.

7. Google Adwords Menguasai SERP!

Lihatlah gambar di atas: siapa yang bisa mengalahkan kedahsyatan Google Adwords di bagian above-the-fold dan di right-sidebar (dan tentu juga di bagian bottom) bagi pencari informasi di mesin pencarian Google? Google Adwords adalah bayi si raksasa Google itu sendiri dan ingatlah bahwa revenue Google ditaksir lebih dari 95% berasal dari Google Adwords! 

Anda tentu sudah bisa memprediksi apa yang bakal dilakukan oleh Google untuk memanjakan para advertisernya. Ingatlah, setiap saat algoritma SEO Google berubah yang seringkali menjadi mimpi buruk bagi pencari traffic organis dan begitu pun dengan SERP.

Namun ini tidak akan terjadi bila Anda memanfaatkan Google Adwords dan semakin lama semakin kentara bahwa 'real estate' dunia maya ini (tiga tempat dimana advertising situs Anda muncul) akan semakin dikuasai oleh para advertisers – Anda!

8. Google Adwords Semakin Berformat Lebih Searchers' Engagement. 

Semakin lama format-format Google Adwords semakin 'searchers friendly'. Ini tidak hanya terlihat di halaman pencarian atau di halaman-halaman para Adsense publishers tapi juga terintergrasi di berbagai format seperti pada video berbasis YouTube dan juga pada halaman internal yang dimiliki oleh Google, seperti sidebar kanan halaman email Gmail Anda dan juga di bagaian atas sendiri list email Gmail Anda. 

Dan juga di tempat-tempat lainnya. Semakin bagus format advertising, semakin banyak klik yang diperoleh dan semakin gendut revenue Google. Artinya Google Adwords memanjakan Anda dengan terus berinovasi memunculkan impresi iklan Google Adwords Anda! Sementara di pihak lain, format berbasis pencarian organis sama sekali tidak ada perubahan berarti sejak dulu – boring! (Jangan-jangan ini memang disengaja oleh Google yeah...)

9. Google Adwords Mengkonversi Traffic Lebih Bagus Dibanding Pencarian Organis.

Tentu saja pencarian organis dalam beberapa hal bagus - itu tidak bisa dipungkiri. Tapi tahukah Anda bahwa traffic dari paid advertising (dalam hal ini Google Adwords) memiliki kemungkinan dikonversi jauh lebih besar dibandingkan traffic organis? Data mempertegas sinyalemen ini. 

Dan yang lebih mencengangkan adalah bahwa angkanya bisa dua kali lipat daripada traffic organis yang digenerate dari optimiasi SEO. Mengapa bisa begitu? Ada dua hal. Pertama, traffic dari Google Adwords jauh lebih tertarget dan alasan kedua traffic ini jauh lebih berkualitas. 

Artinya klik yang didapat dari paid traffic akan jauh berarti komersial dibanding informasional (SEO). Ini kita belum berbicara tentang 'branding' yang dipersepsi jauh lebih serius dimata pencari informasi daripada mereka yang mengejar traffic berdasarkan SEO yang tidak perlu mengeluarkan biaya advertising.

10. Google Adwors Memanjakan Anda Dengan Fitur Remarketing.

Seperti yang telah disinggung di atas, Google Adwords adalah salah satu dari saluran (channel) untuk mendatangkan traffic atau visitor (pengunjung) dalam skema berbayar (paid). Tentu saja, sifat berbayarnya ini memiliki konsekuensi logis dimana Google akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengejar konversi. 

Ingatlah bagaimana kekuatan fitur Google Adwords ini: remarketing. Fitur ini memungkinkan Anda (dengan memanfaatkan teknologi cookie Google Adwords) tetap 'menangkap' visitor yang TELAH tertarik dengan produk atau advertising Anda (dengan telah mengklik iklan Anda sebelumnya). 

Dengan remarketing, iklan Anda (bisa dalam bentuk banner, misalnya) akan selalu tampil di setiap halaman para publisher Adsense di manapun visitor itu berkunjung di situs-situs yang memasang Adsense sampai mereka menekan F5 . Jadi sifat komplementer (penguat/pelengkap) Google Adwords akan menjadi kekuatan tersendiri dari semua aktivitas promosi bisnis Anda.

11. Google Adwords Memberi Anda Kekuatan Mengontrol Budget Anda Sendiri.

Tentu saja ini akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagai Anda ketika terjun ke paid traffic untuk pertama kalinya. Bayangan harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar, sementara tidak adanya ROI seperti yang Anda harapkan bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda terus menunda-nunda memanfaatkan Google Adwords sebagai sarana promosi bisnis Anda. Tapi, dengan latihan dan yang penting dengan bimbingan mentor yang tepat, Anda akan memiliki kemungkinan jatuh cinta dengan Google Adwords nantinya. 

Banyak jasa atau agency Google Adwords yang dengan gembira akan membantu Anda atau bahkan meng'take-over' promosi bisnis Anda. Jadi dengan pendekatan yang tepat, Anda justru akan menemukan cara paling efekti dan efisien untuk meningkatkan profit bisnis Anda melalui paid traffic ini.

12. Google Adwords Membantu Anda Mengalahkan Kompetitor Anda.

Ya tentu saja! Kompetisi bisa sangat sengit untuk ceruk-ceruk yang sangat profitable. Bahkan ini sudah terasa begitu dahsyat untuk ceruk-ceruk yang tidak begitu profitable sekalipun. Dan tak seorang pun yang rela pangsa pasarnya diambil lawan bisnisnya. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan 'sepotong pie' karena sengitnya kompetisi, Google Adwords (selain platform advertising lain, seperti Fb Ad, Yahoo! Atau Bing) adalah satu-satunya cara paling masuk akal untuk mengalahkan kompetitor Anda dan menikmati ceruk pasar yang sangat profitable. 

Dengan skill men-SPYING bagaimana kompetitor Anda melakukan campaign, Anda akan bisa dengan mudah mengetahui kekurangan atau kelemahan campaign kompetitor Anda dan menggunakan lobang ini demi kepentingan bisnis Anda. Dengan Google Adwords, Anda akan semakin mudah
mengalahkan para pesaing bisnis Anda. dan akhirnya... kenapa Anda harus menggunakan Google Adwords:

13. Google Adwords Telah Dimanfaatkan Oleh Kompetitor Anda! 

Ya Anda tidak bisa lari dari kenyataan yang menyakitkan ini bahwa KOMPETITOR ANDA TELAH MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS. Ini sebuah tekanan social tersendiri. Jika Anda berjuang keras dengan optimasi SEO yang terkadang sangat melelahkan itu, maka dengan mudahnya para kompetitor Anda merenggut ceruk traffic Anda hanya dengan mengandalkan Google Adwords. Ingatlah yang tampil di above-the-fold / right-side / bottom-side halaman pencarian Google akan SELALU memiliki kemungkinan memenangi persaingan. Dan para kompetitor Anda itu dengan gembira membayar Google untuk mendapatkan potongan-potongan kue yang jauh lebih besar.

Dengan ketigabelas alasan ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak (mencoba) menggunakan Google Adwords sebagai salah satu channel promosi bisnis online / offline Anda. Memang diperkukan skill, tool pendukung, pengalaman serta investasi finansial, waktu dan tenanga untuk menguasai dahsboard Google Adwords agar Anda bisa menghasilkan winning-winning campaign yang profitable.

Tapi semua itu akan memberikan BALASAN SETIMPAL atas investasi yang Anda keluarkan. Jutaan dollar telah diinvestasikan ke Google Adwords oleh pelaku bisnis on/offline (sebagian adalah kompetitor Anda) dan jika Anda tidak mengambil langkah signifikan, ucapkan selamat tinggal pada para clickers potensial itu!

Semoga ada manfaatnya,

Mbah Katob


PS: kalau anda menginginkan versi PDF post ini, silakan download di sini: http://mbahkatob.com/free/13adwords.pdf

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)