Saturday, 26 July 2014

Ridwan Arifandi : less-cash society - AHOK DKI jakarta

Ridwan Arifandi :  less-cash society - AHOK DKI jakarta


source : https://www.facebook.com/ridwan.arifandi?fref=nf

Barusan nonton video ahok dari channelnya pemprov dki, disitu dibahas mengenai less-cash society.
Kedepannya semua pengurusan di dki akan menggunakan e-money. Dari pembayaran gaji pns, pembayaran rusun bahkan yang menurut saya paling cemerlang adalah pemberian bantuan.

Contoh, ketika suatu bencana terjadi, bantuan disana-sini banyak berdatangan. Tapi apakah ada kontrol mengenai distribusi barangnya, apakah bantuan tersebut benar tepat sasaran atau malah jatuh ke tangan oknum dan malah diperjualbelikan. Dengan adanya e-money ini, bantuan yang akan diberikan adalah bantuan uang, tentunya dalam bentuk digital. Nantinya setiap korban bisa mendapatkan bantuan dengan cara menukarkan e-money tersebut.

Bagaimana dengan uang cash, kedepannya ada pembatasan tarik tunai sebesar UMP dalam sekali sebulan. Artinya tidak ada lagi orang yang bisa membawa cash lebih dari 10 juta.

Menarik sekali menurut saya. Karena akan menekan suap dan sogokan.

Breaking Bad

Sekedar cerita, saat ini saya sedang tertarik menonton breaking bad. Serial ini bercerita tentang seorang guru kimia, yang terkena kanker ganas dan berubah profesinya menjadi produsen meth, semacam zat aditif yang bernama walter white.

Singkat cerita, si walter berhasil dengan usaha methnya. Ia berhasil meraup 700.000$ dalam waktu cepat. Namun yang terjadi adalah ia bingung bagaimana cara dia menggunakan uang tersebut, karena di amerika ada namanya IRS, sebuah lembaga yang mengawasi keuangan penduduk amerika.

Bisa saja dia membeli mobil mewah, namun akan dicurigai oleh IRS karena dengan gajinya yang sebagai guru tidak akan bisa membeli mobil tersebut. Akhirnya dia lakukan money laundring, caranya adalah membuka tempat usaha dan membuat pembukuan palsu tentang pemasukan. Di cerita tersebut, kesan bagaimana dia sangat takut dan berjaga-jaga dengan namanya IRS.

Bagaimana di indonesia? Jangan anda bayangkan, bisa saja kita mendapat uang 100juta entah darimana dan kita habiskan dengan gampang tanpa membuat pemerintah curiga. Silahkan tanya para internet marketer kita yang sudah tembus ratusan juta dalam sebulan dengan hanya bekerja dari rumah dan pemerintah tidak punya kontrol untuk mengawasi dari mana asal muasal uang tersebut. Alhamdulillah jika sumber dananya halal, bagaimana dengan usaha yang ilegal?

So, kesimpulannya apa? Kalau dari video barusan, ahok berharap agar kedepannya presiden indonesia yg baru bisa menerapkan less-cash society. Menurut saya, dengan penggunaan e-money ini, e-commerce kita bakal berkembang pesat karena akses ke sana akan lebih mudah. Asal didukung dengan infrastruktur teknologi yang memadai.

Jadi untuk anda para penggiat internet, siapkan diri anda, karena lebih dari 100juta warga indonesia akan menggunakan e-money, pasar akan semakin besar

VIDEO AHOK mengenai Less Cash Society


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)