Wednesday, 23 July 2014

HOBI mantan Gubernur Aceh - Irwandi Yusuf - Post Power Syndrome

HOBI mantan Gubernur Aceh - Irwandi Yusuf - Post Power Syndrome



source : https://www.facebook.com/irwandi.yusuf.756?fref=nf

KLARIFIKASI

Saya perlu mengkoreksi berita bhw saya dapat izin utk menerbangkan pesawat tempur. Ya ga boleh lah menerbangkan pesawat militer. Harus menjadi pilot militer lah. Pesawat militer itu aset militer yg ga boleh diterbangkan oleh sipil seperti saya, walaupun saya mantan sipil bersenjata. Hehehehe

Foto Irwandi bersama Pilot pesawat
Foto Irwandi bersama Pilot pesawat

Saya memang telah mendapatkan Pilot Licence utk menerbangkan pesawat2 bermesin tunggal. Apa saja yg bermesin tunggal, termasuk jet setelah mendapat type-rating terlebih dahulu. Kalau sdh memperoleh type-rating pesawat tempur F-16 pun boleh diterbangkan dgn syarat pesawat tersebut telah didaftarkan menjadi pesawat sipil terlebih dahulu. 

Mustang

Spitfire

Sabre


MIG 21

Di Amerika, banyak pesawat ex militer, seperti Mustang, Spitfire, Sabre, MIG 21 dll yg diterbangkan oleh pilot sipil seperti ogut. Tentu semua sistem persenjetaannya telah dicopoti lebih dahulu dan didaftarkan sbg pesawat sipil.

Soko Galeb Ex Yugoslavia

Seandainya saya ada duit saya sudah beli sebuah pesawat tempur bekas milik PTDI (dulu Nurtanio). Mereknya Soko Galeb, ex Yugo. Harganya USD 50.000 saja. Tapi biaya retrofit dan maintenancenya mahal sekali. Kalau ada yg mau beli, saya bersedia jadi pilotnya, tapi seat nya cuma satu - untuk pilot saja.

Banyak sebab atau alasan bagi saya berlatih pilot, terutama karena saya menyenangi kedirgantaraan. Saya juga suka sesuatu yg bergerak cepat. Pernah mendengar "Post Power Syndrome"? 

Itu lho syndroma pejabat yg ga punya power lagi, suntuk dan stress. Saya berhasil menggantikan post power syndromes yg ga enak itu dengan "Post Power Hobbies". 

Alasan lainnya adalah saya ingin membangkitkan minat kedirgantaraan dalam kalangan anak2 muda Aceh agar typikal gagah berani anak2 Aceh dapat tersalurkan dgn benar. Saya juga berharap Dokter Zaini ketika selesai tugas gubernuran nanti dapat mengikuti jejak saya menjadi penerbang. Inshallah.

Tulisan Menarik Lainnya :

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)