Monday, 7 July 2014

Melihat Kemajuan Inovasi Teknologi Pertanian di Myanmar


Kalau ingin membantu rakyat real bantulah sektor pertanian, karna disanalah kebutuhan utama hidup manusia bergantung, tanpa petani yang menanam makanan pokok dan ternak hewan, maka keseimbangan kehidupan seluruh umat manusia akan terganggung. Myanmar adalah salah satu negara di asia tenggara yang sangat tergantung pada sektor pertanian.

Permasalahan pertanian sama saja diseluruh wilayah di dunia seperti krisis air, kekeringan, peralatan pertanian, pupuk, akses terhadap pasar dan lain sebagainya. Permasalahan terbesar negara-negara di asia tenggara terkait mengenai budidaya padi adalah petani masih kurang sejahtera, akses terhadap teknologi tepat guna, efisien, luas lahan yang dikelola petani masih bukan skala besar. Hanya sekedar cukup untuk bertahan dan membiayai keluarga besar, bukan skala miliarder atau konglomerat.

Melihat Kemajuan Inovasi Teknologi Pertanian di Myanmar


Ini adalah hal yang berbeda seperti di Amerika yang petani-nya sangat sejahtera.
Atau memang beginilah skenario petani di asia tenggara yang harus hidup pas-pasan, pemerintah seperti kurang peduli pada pembenahan infratruktur pertanian skala besar, yang mampu mengangkat kesejahteraan petani. atau saya saja yang terlalu bermimpi besar, kalau Petani itu harus sejahtera sejajar seperti profesi lainnya.

Inovasi yang dilakukan oleh Proximity Design dengan membuat alat irigasi yang terjangkau bagi para petani adalah sebuah kemajuan bagi sektor pertanian di Myanmar dan Indonesia pun harus belajar untuk menciptakan prototype yang serupa untuk diaplikasikan di lahan-lahan pertanian yang sulit akan akses irigasi. semoga saja akan ada inovator indonesia yang meng-ATM-kan alat ini.





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)