Facebook

Wednesday, 23 July 2014

Bangka Botanical Garden - Project Impian di Pulau Bangka Belitung Indonesia


Ada Pahlawan lingkungan di pulau bangka, mereka adalah orang-orang yang berpikir maju, bagaimana mengubah wajah tanah pulau bangka yang sejak 300 tahun yang lalu sudah dieksploitasi tanahnya untuk menggali timah. Sekarang ada upaya bagaimana menyulap kembali tanah tersebut menjadi Taman ekosistem yang dapat dimanfaatkan ulang bagi kesejahteraan masyarakat lokal disana.

Project ini seperti project impian yang mustahil bisa dilakukan, namun berhasil dalam kurang dari 5 tahun mengubah wajah pulau bangka menjadi cikal bakal project Bangka Botanical Garden. Kata Bangka berasal darai kata wangka yang artinya timah, karna terjadi pergeseran penyebutan bahasa masyarakat kemudian lebih populer memanggil pulau ini sebagai pulau Bangka atau pulau bertimah, dahulunya belum ada suku asli yang menempati pulau ini.

Bagaimana cara mengubah tanah yang telah dirusak menjadi lahan organik dan subur kembali, salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan kapur dolomit untuk mengurangi keasaman tanah, kemudian memberikan tambah pupuk organik (kompos) dari limbah kotoran hewan, untuk menciptakan ulang flora dan fauna bagi tanah baru.

Bangka Botanical Garden - Adalah project keberhasilan yang harus terus dikembangkan dan diperluas di Bangka Belitung hingga mencapai target 10.000 ha. Mulai dari Kebun buah Naga, Kebun Kurma, Peternakan Sapi Perah, Budidaya perikanan ikan air tawar, kawasan wisata, kawasan olahraga, dan masih banyak lagi potensi lainnya yang bisa dikembangkan di bekas lahan timah.

Bangka Botanical Garden - Project Impian di Pulau Bangka Belitung Indonesia



Liputan dari Team Earthrise Al-Jazeera English adalah bukti kerja keras yang telah dilakukan oleh BBG (Bangka Botanical Garden) menjadi buah bibir di dunia internasional. Djohan Riduan Hasan sebagai Owner BBG mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat besar bagi wajah pulau Bangka Belitung dimasa depan.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)