Monday, 28 July 2014

Apa Yang Prof Mulyana Ahmad Tahu (Sungai ELBA Jerman)

Apa Yang Prof Mulyana Ahmad Tahu (Sungai ELBA Jerman)

source : https://www.facebook.com/mulyana.ahmad.39?fref=nf
Bagaimana Cara Jerman Membuat Sungai Elba Menjadi Bersih & Menjadi Surga Bagi Pemancing?

Tahun 1988, peneliti menemukan campuran racun seperti 16.000 ton Nitrogen, 10.000 ton Fosfor, 23 ton air raksa dan tiga ton campuran kimia Pentaklorofenol yang berkadar racun tinggi, dialirkan sungai Elbe ke arah laut. Akibatnya, ikan-ikan yang hidup di sungai itu menderita sakit, demikian dijelaskan pakar biologi Veit Hennig dari universitas Hamburg.

Tetapi bagaimana kerusakan seperti itu sekarang bisa diperbaiki? 

Penutupan banyak pabrik di bekas Jerman Timur, pemurnian air limbah dari kanalisasi yang terus-menerus dilakukan, serta peraturan lingkungan yang ketat telah menyelamatkan Elbe, dan sungai-sungai Jerman lainnya, kata Veit Hennig. 

Phocoenidae

Pemancing dan orang yang berenang di sungai sekarang sudah menjadi pemandangan lazim di Elbe dan sungai-sungai lainnya. Berbagai binatang juga kembali, termasuk ikan paus jenis Phocoenidae. Ikan paus ini di awal tahun mengikuti ikan kecil mangsanya ke perairan sungai Elbe. Datangnya mereka jadi bukti bahwa air Elbe semakin sehat.

Kesalahan Masa Lalu

Lain dengan perairan lain, seperti danau, sungai bisa mengalirkan bahan berbahaya dengan cepat. Jadi sungai membersihkan diri sendiri, tetapi kandungan berbahaya terkumpul di laut. Hanya di sedimen-sedimen sungai sekarang masih bisa ditemukan unsur beracun. Akibat banjir bandang seperti tahun ini, bahan-bahan racun itu bisa tersebar. 

Stephan Köster, yang mengajar di Institut Penanganan Limbah dan Perlindungan Perairan di universitas teknik Hamburg-Harburg mengemukakan, orang tidak sekedar mengalirkan limbah ke sungai, dan kemudian melupakannya karena otomatis dialirkan ke laut.

"Orang sekarang lebih banyak berinvestasi pada pemurnian limbah. Limbah tidak hanya dibersihkan secara mekanis, melainkan juga secara kimia dan biologis," demikian Köster. Ia menambahkan, "Sekarang ada standar untuk membersihkan air, memisahkan Nitrogen dari air dan secara terarah mencegah masuknya Fosfor."

Apakah Perairan Sehat?

Bagian sungai Elbe di negara bagian Niedersachsen
Bagian sungai Elbe di negara bagian Niedersachsen

Di instalasi pemurnian air, prinsip yang digunakan adalah: dari besar ke kecil. Awalnya lewat pembersihan mekanis, benda berukuran besar dipisahkan dari air. Saringan halus kemudian memisahkan mineral, seperti pasir, dari air, karena nantinya misalnya bisa merusak pompa air. Setelah lewat tempat pengendapan akhirnya hanya unsur yang bisa diurai yang berada di air. Akhirnya pekerja-pekerja kecil seperti bakteri digunakan untuk terutama mengurai karbon.

Elba River Germany
Elba River Germany

German RIver
German RIver

Walaupun situasi membaik, Veit Hennig menekankan dengan mengambil contoh Elbe, sungai-sungai di Jerman masih butuh penanganan agar kondisi alamiah bisa kembali sepenuhnya. 

Usaha air limbah dari kanalisasi yang terus-menerus dilakukan, serta peraturan lingkungan yang ketat telah menyelamatkan Elbe, dan sungai-sungai Jerman lainnya, kata Veit Hennig. Pemancing dan orang yang berenang di sungai sekarang sudah menjadi pemandangan lazim di Elbe dan sungai-sungai lainnya.
 

Berbagai binatang juga kembali, termasuk ikan paus jenis Phocoenidae. Ikan paus ini di awal tahun mengikuti ikan kecil mangsanya ke perairan sungai Elbe. Datangnya mereka jadi bukti bahwa air Elbe semakin sehat.

Kata Kunci:
- Limbah padat
- Nitrogen
- Phosfor
- Carbon

Treatment
1. Presipitasi
2. Mikrobiologi
3. Mekanisasi

Solusi Untuk Indonesia:

Insya Allah PT. Inti Nanotech sudah mengembangkan 2 teknologi ini untuk aplikasi di Indonesia. Memperbaikinya dengan pendekatan teknologi dari Canada dan Ferancis sehinga effisiensinya meningkat sampai 200%

Revitalisasi Sungai di INDONESIA
Revitalisasi Sungai di INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)