Facebook

Monday, 16 June 2014

[BAHAYA] Penyakit Cacing Askariasis Bersumber Parasit Nematoda Ascaris Lumbricoides


Karna letak Nusantara beriklim tropis, ada satu penyakit cacing yang paling berbahaya yang harus anda waspadai, terutama jika memiliki anak-anak dibawah umur yang suka bermain pasir, tanah kotor, karna ada kemungkinan besar mengakibatkan penyakit cacingan yang dibawa melalui tangan kotor masuk ke mulut anak dan berkembang biak didalam usus.

Kalaupun sampai terjadi penyakit cacingan, masih ada cara mengatasi penyakit ini, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi obat-obatan kimia, antara lain albendazole (400 mg) dan mebendazole (500 mg) dosis tunggal. Bisa juga digunakan levamisole (2,5 mg/kgBB) ataupun pirantel pamoat (10 mg/kgBB), selain itu bisa diberikan nitazoxanide (500 mg per hari selama tiga hari)



Kalau dirasa sudah parah dan harus diambil tindakan operasi pembedahan usus, dengan cara mengeluarkan cacing askariasis dari dalam usus, lalu dibersihkan usus yang telah penuh dengan cacing tersebut, sehingga anda bisa segera terbebas dari penyakit cacingan.

untuk lebih jelas bisa dilihat video pembedahan cacing askariasis dibawah ini :



Sangat dianjurkan agar menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang kebersihan sanitasi-nya. menghindari sumber air minum yang diperoleh dari sumber mata air yang terkontaminasi tinja manusia. menghindari kontak langsung dengan tanah yang terkontaminasi dengan tinja kotoran manusia. Mencuci dengan bersih buah-buahan dan sayuran. Terakhir sering-sering mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)