Tuesday, 13 May 2014

Rudi Putra, Goldman Environmental Prize 2014. Aceh Indonesia

Rudi Putra, Goldman Environmental Prize 2014. Aceh Indonesia

Ini adalah bukti bahwa pengorbanan dan pekerjaan sosial demi misi penyelamatan lingkungan, yang berdampak pada ekosistem dunia sangat dihargai oleh organisasi internasional, dan Rudi Putra adalah warga negara Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan lingkungan internasional dari Amerika.

Saya yakin dan percaya bahwa masih banyak para penggiat lingkungan di Indonesia baik LSM maupun individu-individu yang berjasa terhadap ekosistem serta mempunyai pengaruh dalam perubahan iklim belum terdata dan terpublikasikan secara luas, jasa-jasa mereka yang mengabdikan hari-harinya didalam hutan, bersama dengan hewan, melawan para pengusaha hutan yang mengabaikan lingkungan.
Rudi Putra, Goldman Environmental Prize 2014. Aceh Indonesia
Rudi Putra, Goldman Environmental Prize 2014. Aceh Indonesia
Atas pengorbanannya beserta teman-teman Forum Penyelamatan Leuser, ia mendapatkan hadiah hampir 2 miliar (175,000 US Dollar) untuk jasa penyelamatan habitat badak sumatra. Luar biasa bukan, bagaimana orang sipil bukan dari elemen pemerintahan mempunyai andil besar dalam penyelamatan ekosistem Taman Nasional Leuser.
sumatra rhino badak sumatra
Badak Sumatra

Apa yang telah dilakukan oleh teman-teman Rudi, memang masih belum cukup, ini masih secuil dari perjuangan pembalakan liar hutan perkebunan di aceh, hampir 10juta Ha lahan telah dibuka, dan berapa banyak yang sudah berhasil diubah kembali menjadi hutan oleh Forum Penyelamatan Leuser masih minim sekali, dengan adanya bantuan dan sorotan dunia internasional, maka pergerakan lingkungan akan lebih bergema untuk mengubah kembali hutan bagi ekosistem badak dan satwa liar lainnya.
Forum Penyelamatan Leuser
Forum Penyelamatan Leuser Rudi Putra

Ini lebih mengenai kehidupan orang lokal dipedalaman, bagaimana kita bisa membantu kehidupan orang lokal di pedalaman, kalau bukan kita ubah gaya pola pikir mereka, bukan dengan perkebunan sawit hidup mereka akan sejahtera, tapi dengan pertanian maka mereka akan maju. Bukan dengan tipuan para pengusaha mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya, dapat membeli sepeda motor, naik Haji, bukan itu semua adalah semu, itu adalah janji-janji bohong yang tidak akan menyelamatkan generasi mereka setelahnya.

Bagaimana HUTAN Diperkosa demi PERKEBUNAN

Smoga makin banyak generasi setelah Rudi Putra yang akan berjuang demi rakyat pedalaman dan pahlawan lingkungan. 





Tonton Video Sosok Rudi Putra 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)