Thursday, 29 May 2014

Rain Catchers - Menangkap Hujan menuai rezeki Studi Kasus Afrika


Berapa banyak dari kita yang masih kurang informasi dari benua Afrika, mereka terus melakukan upaya untuk bisa bertahan dan melewati masa-masa sulit seperti kekeringan, dan sudah ada upaya untuk mengatasi masalah kekeringan di Afrika. Salah satunya adalah membangun Waduk Bak Pasir yang mempunyai fungsi untuk menangkap air hujan dan mengubah tanah menjadi lahan pertanian yang subur.

Rain Catchers - Menangkap Hujan menuai rezeki Studi Kasus Afrika


Penasaran bagaimana cara kerjanya sampai konsep ini akan dibangun dibanyak titik di Afrika, simak liputan Aljazeera dalam episode Earthrise dibawah ini.



Tidak kebayang kalau begitu susahnya mereka selama ini berpuluh-puluh tahun yang lalu, bagaimana nasib dan kondisi mereka tidak seperti Indonesia yang melimpah ruah air dan tanahnya subur, tapi kita masih belum mau bergerak untuk mengubah lahan pertanian yang modern, skala besar dan masih ada keraguan dari pengusaha didaerah ataupun petani di lokal yang takut hasil pertaniannya tidak diterima di pasar karna permintaan yang sedikit.

Tapi sebaliknya di Amerika dan Eropa mereka membuka lahan pertanian secara massif begitu besar, dan tidak khawatir mengenai pasar didalam negeri, malah mereka surplus dan mengekspor keseluruh negara di dunia, ini adalah salah satu kemajuan dan model ekonomi yang tidak berimbang antara negara maju dan negara berkembang.

Sudah saatnya mengisi perut sendiri dengan produk lokal dalam negeri, buktikan bahwa Indonesia akan mampu swasembada dalam kurang dari 10-15tahun kedepan, kalau pengusaha dan para petani maju, kelak industri pengolahan akan semakin banyak muncul di Indonesia dan menyerap banyak tenaga kerja.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)