Facebook

Tuesday, 27 May 2014

Refleksi Awal Tahun 2016


Hari ini sudah masuk awal tahun 2016. Hari Pertama diawal tahun 2016.
Dan saya akan menceritakan beberapa poin penting, sharing yang telah saya lakukan ditahun 2015 kemarin, semoga juga berguna bagi para pembaca Blog Indobanged.

1.Lakukan Evaluasi Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan.

Setiap kali masuk awal tahun baru, minimal anda sudah selesai dengan evaluasi ditahun sebelumnya, sehingga anda berhasil masuk awal tahun dengan hati yang gembira, semuanya dimulai lagi dari NOL. Karna tutup buku itu sangat penting sekali, disana anda langsung bisa melihat kwalitas diri ditahun 2015, sudah sejauh apa. darisana pula anda akan belajar untuk menyusun perbaikan kecil ditahun mendatang.

Klik utk memperbesar

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar
2.Berbisnislah meskipun itu kecil

Kalau anda termasuk dalam golongan orang-orang yang masih bingung membangun usaha kecil-kecilan, anda tidak akan sempat merasakan naik kelas menjadi pengusaha, maka selamanya anda akan menjadi pekerja, ambil satu paket bisnis yang mudah, dan datai usaha anda tersebut, seolah-olah anda mengelola usaha besar, dan yakinlah suatu hari pasti usaha tersebut akan berkembang seiring dengan tingkat kematangan anda dalam berbisnis.

3.Datai Perjalanan Hidup Anda dalam Milestone

Hanya anda sendiri yang peduli terhadap diri anda sendiri, jadi nikmatilah perjalanan hidup anda dengan memperbanyak catatan penting, apa prestasi ditahun 2011, 2012,2013,2014,2015 sudahkah anda menuliskannya, termasuk kegagalan atau musibah, atau peristiwa besar yang anda alami ditahun-tahun sebelumnya.

Benang merah dari peristiwa dibelakang anda membuat anda lebih bijak dan belajar tidak melakukan kesalahan yang sama. Sering-sering mendatai kegiatan pribadi baik di Blog dan Youtube setting menjadi Private atau Umum. Non-monetizing atau Monetizing.

4. Gambar Mindmapping Evaluasi diri 

Seperti Gurita raksasa, anda mencoba menuliskan perkembangan kemampuan anda dalam titik-titik yang anda sendiri isi, sejauh mana kemampuan pikiran dari "OTAK" anda telah terisi, gambarkan dalam ilustrasi mindmapping, belajar untuk menambah skill baru setiap tahun, belajar memperbesar teritori baru setiap tahun, belajar menambah ini dan itu yang anda sendiri perlukan, gambarkan dalam satu gurita besar. sebagai evaluasi perkembangan tumbuh berkembangnya diri anda.

5. Rutinkan mendengarkan nasehat, ceramah, training, kuliah umum, konferensi,dll

Dizaman serba modern ini, mudah sekali mendapatkan ilmu baru yang tersebar di internet, mulai dari Film, Ceramah, Kuliah, Pidato Penting, yang bisa anda ketahui, atau cari tahu setiap harinya, data siapa yang anda masukkan kedalam pikiran anda setiap tahun, apa yang anda masukkan kedalam alam bawah sadar anda setiap tahun, pilih dan cerna kembali pilihan-pilihan anda tersebut, jangan hanya mendengarkan satu perspektif coba pahami pemikiran orang lain yang tersebar di video internet. satu-satunya nasehat yang mampu mengubah diri anda adalah pilihan anda hari ini.

6. Kurangi konsumsi Musik ganti dengarkan lantunan Al-Qur'an

Pilihan terakhir ini adalah pilihan berat, setidaknya cobalah. dan rasakan perubahan psikologis diri anda. kurangi kebisingan lagu-lagu buatan manusia yang memabukkan dan membuat anda menjadi galau, susah, lemah dan hilang arah tujuan, perhatikan kembali hari-hari kehidupan anda dimasa lalu yang penuh dengan lantunan hingar bingar musik buatan manusia. Coba alihkan sedikit demi sedikit ke lantunan Al-Qur'an nikmati pelan-pelan, meskipun anda belum paham, nikmati saja proses perubahan ke arah yang lebih tenang.

Sukses untuk kita semuanya.
Ayo jangan hanya dibaca, tapi ambil aksi tindakan perubahan.
Ikuti kata hati anda.
segera tulis di kertas coret coretan
segera datai di excell dan lakukan pencatatan secara rutin
sampai jumpa di Refleksi Awal Tahun 2017

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)