Monday, 17 March 2014

Ayam Mutiara : Peluang Usaha Yang Menggiurkan



Ayam Mutiara, juga dikenali sebagai ayam api-api atau ayam piru. 

Ayam mutiara biasanya akan bertelur apabila berusia 26-30 minggu bergantung kepada beberapa faktor terutamanya pemakanan. Ayam mutiara bertelur dengan jumlah yang banyak tetapi tidak pandai untuk mengeramkan telurnya sendiri. Kulit telurnya keras dan kasar. ayam mutiara kini mulai dilirik karena keindahan warna bulunya. Apalagi dengan harga jual yang relatif tinggi ayam yang konon berasal dari daratan Afrika ini sangat tepat untuk dibudidayakan. Yang paling menarik dari ayam ini sebenarnya adalah warna bulunya yang dipenuhi dengan bintik-bintik putih seperti mutiara. Inilah sebabnya sehingga dinamakan ayam mutiara.

Ciri fisik lain yaitu pial disamping kiri dan kanan kepalanya dan ditambah pial di atas kepala yang tampak seperti helm.
Awalnya, konon ayam mutiara berasal dari daratan Afrika. Hewan-hewan ini hidup secara bergerombol dan banyak menghuni savana dan semak belukar sebagai habitat asli mereka. Satu gerombolan di alam liar jumlahnya bahkan bisa mencapai ribuan. Oleh karena itu sesungguhnya hewan tersebut tidak suka menyendiri. Fakta lain, karena sejatinya termasuk dalam golongan burung, ia bisa terbang walaupun lebih suka tinggal di tanah. 




ayam mutiara Indonesia harga murah
Ayam Mutiara Indonesia


Jika di Indonesia ayam mutiara baru mulai dikenal, tetapi sebaliknya di luar negeri sudah lama dipelihara sebagai penghias halaman. Dalam perkembangannya juga terjadi cross breding antara ayam mutiara asli dengan ayam lain. Sehingga saat ini ayam mutiara memiliki ragam warna yang sangat bervariasi, di antaranya terdapat jenis yang dinamakan pearl guinea (warna asli ayam mutiara yang didominasi warna abu-abu gelap dengan bintik putih merata di sekujur tubuh), white guinea, royal purple guinea, violet guinea, brown guinea, lavender guinea, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)